Skip to main content

Cara Mengatasi Aplikasi KineMaster Tidak Bisa Dibuka Error

kinemaster tidak bisa dibuka ios android

Seperti yang sobat ketahui, telah kami sebutkan sebelumnya pada artikel daftar rekomendasi aplikasi terbaik di Android dan iOS untuk edit video, salah satunya adalah KineMaster.

Tidak diragukan lagi kalau kualitas, fitur dan fasilitas yang berada di aplikasi gratisan ini lumayan lengkap. Meski demikian, kami menyebutkan juga kekurangan dan kelebihan aplikasi ini.

Salah satu kelemahan KineMaster itu terkadang sering Crash / Force Close ketika dibuka. Terutama sesaat setelah menggunakannya, misal kamu baru selesai menyunting video, lalu menutup aplikasinya, beberapa menit kemudian membuka kembali tapi sayangnya aplikasi KineMaster tidak bisa dibuka.

Ini terjadi setiap kali ada pembaruan (Update), pengembang atau developer KineMaster kemudian memperbaikinya dengan menggelontorkan minor update, nah di major update berikutnya pasti ada bug error gagal terbuka ini yang balik lagi.

Kesannya bagi kita yang awam memang aneh, tapi mungkin ada Script, kode atau apalah yang kita nggak ngerti memang sulit diganti / dibuang namun menimbulkan permasalahan pada aplikasi.

Cara Mengatasi Aplikasi KineMaster Tidak Bisa Dibuka

Saya bagikan berdasarkan pengalaman memperbaiki KineMaster yang tidak bisa dibuka, error gagal berfungsi, keluar sendiri, berhenti paksa (Force Close) dan kerusakan atau masalah lainnya. Silakan praktikan beberapa tips kami berikut.

Metode pertama yaitu dengan menghapus cache dan data. Tapi jangan sekaligus bersamaan, hapus dulu sampahnya. Caranya masuk ke Pengaturan ponsel kamu, terus pilih Penyimpanan / Pengelola Aplikasi (Apps Manager), dan cari KineMaster, selanjutnya tekan tombol Clear Cache (Hapus Cache).

Setelah selesai membersihkan cache coba buka kembali dan cek, apakah masih bermasalah? Jika iya, silakan sobat hapus juga datanya (Clear Data / Hapus Data).

Namun jangan langsung membuka aplikasinya, silakan tekan tombol "Berhenti Paksa" di halaman menu yang sama.

Lalu restart HP sobat, ini berlaku buat Android ya. Kalau iOS / iPhone ikut langkah kedua aja nanti. Lanjut, habis selesai direstart nyala lagi kan, silakan coba lagi membuka Kinemaster tanpa koneksi internet.

Buat metode kedua sebenarnya lebih mudah yakni uninstall dan install ulang KineMaster. Apakah dengan menghapus Kinemaster maka konten berbayar (Pro / Premium) milik pengguna yang berlangganan kan hilang? Tidak sama sekali, selama kamu tetap menggunakan akun yang dipakai ketika membayar biaya langganan maka bakal normal-normal saja.