--> Skip to main content

Kenapa Bendera JKT48 Tidak Dipasang di Event AKB48 Group?

bendera jkt48 di jepang event akb48 group

AKB48 memiliki banyak grup saudari di luar Jepang, beberapa diantaranya adalah JKT48 (Jakarta), BNK48 (Bangkok), CGM48 (Chiang Mai), MNL48 (Manila), SGO48 (Saigon), DEL48 (Delhi), Team TP (Taipei), Team SH (Shanghai) dan MUB48 (Mumbai).

Hampir setiap hajatan besar yang melibatkan sister group mereka pasti mengundang member sebagai perwakilan masing-masing grup. Termasuk JKT48, grup saudari luar negeri AKB tertua tentunya.

Beberapa waktu lalu sempat viral ketika AKB48 menggelar sebuah acara besar yang diselenggarakan di Makuhari Messe. Event tersebut merupakan gelaran yang sangat jarang dilakukan ketika memperingati ulangtahun grup.

AKB48 bersama jajaran anggota 48 Family Jepang lainnya tampil di atas sebuah panggung megah dan dihadiri puluhan ribu penonton selama 3 hari berturut-turut.

Total ratusan lagu dibawakan oleh semua member yang terlibat. Di luar event, tepatnya sekitaran venue Makuhari Messe mereka memasang bendera ikonik lambang setiap 48 Group dalam dan luar negeri Sakura.

Seperti yang terpampang dalam foto di atas, ada bendera AKB48, SKE48, NMB48, HKT48, STU48, Team 8, BNK48 dan NGT48. Namun menjadi tanda tanya besar ketika penggemar menyadari adanya kejanggalan.

Yap, bendera JKT48, sebuah grup AKB48 cabang luar negeri paling senior justru absen. Padahal JKT48 mengirimkan Shani Indira Natio sebagai wakil dari Indonesia.

Ada apa dengan AKB48? Fans penasaran hingga mencari tahu, tidak sedikit pula yang menyerang akun media sosial resmi AKB dan menanyakan terkait ketiadaan bendera JKT48 di acara besar yang seharusnya terpampang dan berkibar logo resmi JKT48.

Hingga sekarang belum diketahui alasan manajemen atau staf AKB48 memilih untuk tidak menyertakan bendera JKT48. Dugaan dan spekulasi bermunculan, mungkinkah JKT48 sudah tidak dianggap lagi? Apa mereka hanya kelupaan saja?

Harapan sobat wota di seluruh Nusantara tentu tidak ingin jika JKT48 pisah dari AKB48 Group. Mereka tak mau Jeketi bernasib sama seperti SNH48 yang dianggap jadi pengkhianat dengan merdeka dari 48 Family beberapa tahun lalu.