--> Skip to main content

Fungsi Dual Pixel Autofocus dan Perbedaan PDAF Kamera HP

Mari kita mengenal apa itu Dual Pixel Autofocus, manfaat, fungsi, cara kerja dan perbedaan dengan PDAF. Autofokus Dual Pixel adalah fitur kamera smartphone yang semakin populer, terutama di ujung pasar yang utama.

Teknologi ini menjanjikan pemfokusan yang jauh lebih cepat untuk pemotretan action serta pemfokusan yang unggul dalam lingkungan cahaya rendah (Lowlight).

Tetapi bagaimana cara kerjanya? Dual Pixel Autofocus adalah perpanjangan dari Phase Detection autofocus (PDAF), yang telah ditampilkan dalam kamera ponsel selama beberapa tahun.

Pada dasarnya, PDAF menggunakan piksel khusus yang tampak kiri dan sisi kanan pada sensor gambar untuk menghitung apakah gambar tersebut dalam mode fokus.

Cara Kerja Dual Pixel Autofocus

PDAF adalah prekursor untuk autofokus Dual Pixel, jadi memahami bagaimana cara kerja sebelumnya sangat penting.

PDAF didasarkan pada gambar yang sedikit berbeda yang dibuat dari piksel yang tampak kiri dan tampak kanan. Membandingkan perbedaan fase antara gambar-gambar ini digunakan untuk menghitung jarak fokus.

Pixel pendeteksi fase ini biasanya hanya sekitar 5% dari semua piksel sensor gambar. PDAF dibuat lebih andal dan akurat dengan menggunakan sejumlah besar pasangan piksel phase-detection khusus.

Dalam perpindahan ke Dual PixelAF, setiap piksel pada sensor digunakan untuk PDAF dan pembantu dalam menghitung perbedaan fase dan fokus, sangat meningkatkan akurasi dan kecepatan dibandingkan dengan PDAF standar.

Setiap piksel dibagi menjadi dua fotodioda, satu tampak kiri dan kanan. Ini sering dilakukan dengan menggunakan lensa mikro yang ditempatkan di atas piksel.

Saat mengambil foto, prosesor akan menganalisis data fokus dari setiap fotodioda terlebih dahulu sebelum menggabungkan sinyal untuk merekam piksel penuh yang digunakan dalam gambar akhir.

dual pixel autofocus pengertian penjelasan

Diagram di atas dari tim sensor gambar Samsung menunjukkan perbedaan antara teknologi PDAF tradisional dan Dual PixelAF.

Satu-satunya kelemahan nyata adalah menerapkan fotodioda deteksi fase kecil dan lensa mikro ini tidak mudah, yang menjadi pertimbangan penting dalam sensor resolusi sangat tinggi.

Perbedaan Dual Pixel Autofocus dan PDAF

Terlepas dari dasar-dasar bersama, teknologi Dual Pixel Autofocus menghasilkan pemfokusan yang jauh lebih cepat dan kemampuan yang lebih besar untuk mempertahankan fokus pada objek yang bergerak cepat daripada PDAF versi sebelumnya.

Ini sangat berguna untuk menangkap bidikan aksi yang sempurna. Belum lagi dengan cepat menarik kamera Anda, mengetahui itu akan selalu menjadi fokus. Huawei P40, misalnya, menawarkan waktu fokus hanya milidetik dengan menggunakan teknologi ini.

Jika Anda seorang fotografer Smartphone yang serius, kamera top - baik itu HP atau DSLR - dengan teknologi Dual Pixel Autofocus di kamera bakal membantu memastikan Anda selalu menangkap gambar yang sangat bagus hasilnya.