--> Skip to main content

Fungsi Battery Health Pada MacBook dan Cara Menonaktifkannya

fungsi battery health macbook

Pengertian dan fungsi Battery Health di MacBook Pro / Air serta menyiasatinya agar kesehatan baterai tidak menurun. Sejak "skandal Batterygate" dua tahun lalu, Apple telah jauh lebih transparan tentang cara memperpanjang kegunaan baterai di perangkatnya, menambahkan fitur pemantauan kesehatan baterai baru di iOS 11.3, dan bahkan fitur Pengisian Baterai Dioptimalkan yang terakhir tahun lalu di iOS 13.

Untuk lebih jelasnya, Apple selalu menganggap manajemen baterai dan daya cukup serius, tetapi hingga baru-baru ini merupakan "kotak hitam" di dalam perangkat keras dan lunak perusahaan.

Chip manajemen daya canggih dan algoritme kompleks berusaha memastikan bahwa pengguna dapat memeras sebanyak mungkin daya baterai dan masa pakai jangka panjang dari perangkat mereka, tetapi Apple tidak pernah benar-benar menjelaskan cara semuanya dapat berfungsi.

Ini berubah dua tahun lalu ketika kurangnya transparansi Apple muncul di tengah-tengah tuduhan bahwa mereka sengaja memperlambat perangkat yang lebih lawas untuk memaksa pengguna beralih ke model produk yang lebih baru. Fungsi Battery Health MacBook.

Tentu saja, kenyataan dari situasinya agak sedikit lebih kompleks, dan Apple menjelaskan bahwa mereka punya alasan bagus tersendiri untuk mengambil keputusan, meskipun CEO Apple Tim Cook dengan jujur ​​mengakui bahwa perusahaannya tidak melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam menjelaskan semua untuk pengguna.

Sejak itu, Apple telah mencoba untuk menjadi lebih jelas ketika menambahkan fitur manajemen baterai baru, dan bahkan memberi pengguna kemampuan untuk mengesampingkan standar jika mereka ingin melakukan tradeoff antara kinerja dan keandalan - sesuatu yang masuk akal untuk diberikan pada pengguna.

Akan tetapi, sebagian besar, sementara fitur-fitur baru ini tetap menjadi layanan eksklusif perangkat iOS Apple, mungkin hanya masalah waktu sebelum MacBook bertenaga baterai Apple ikut kebagian, dan sepertinya Apple sudah bersiap untuk meluncurkan fitur Manajemen Kesehatan Baterai (Battery Health Management) baru di pembaruan kecil berikutnya ke macOS Catalina.

Faktanya, jika Anda menjalankan beta macOS Catalina 10.5.5 yang dirilis awal minggu ini, Anda sebenarnya sudah memiliki fitur tersebut, dan itu diaktifkan secara default.

Cara Kerja Battery Health di MacBook 

Dari semua laporan, fitur macOS baru adalah variasi pada Pengisian Baterai yang Dioptimalkan dari iOS 13, yang dirancang untuk memperpanjang masa pakai baterai MacBook Anda secara keseluruhan dengan memastikan bahwa ia tidak terisi daya pada kapasitas maksimumnya lebih lama dari yang dibutuhkannya.

Semua baterai lithium-ion modern mengalami perubahan dalam kimia mereka dari waktu ke waktu yang akan mengurangi kapasitas mereka secara keseluruhan - kemampuan mereka untuk menahan muatan penuh demi menjaga fungsi battery health MacBook Pro dan Air.

Untuk iPhone, ini terjadi pada sekitar 500 siklus pengisian daya, sementara baterai MacBook seharusnya baik hingga 1.000 ("siklus pengisian" merupakan satu pengurasan penuh dan pengisian ulang baterai; pengisian sebagian dihitung sebagai siklus pengisian sebagian).

Namun, sifat baterai lithium-ion berarti bahwa penuaan bahan kimia ini terjadi lebih cepat ketika baterai dipegang pada kapasitas maksimum.

Sebagian besar perangkat elektronik modern, termasuk tentu saja produk Apple seperti iPhone, iPad, iPod Touch dan MacBook, sudah menghindari pengisian baterai internal mereka ke kapasitas maksimum absolut untuk mencegah keausan yang paling serius pada mereka, tetapi meskipun "100%" ditunjukkan oleh perangkat Anda kurang dari puncaknya, tingkat penyimpanan energi yang lebih tinggi masih akan menghabiskan baterai lebih cepat.

Dalam hal perangkat iOS, fitur Optimized Battery Charging dirancang untuk mencoba dan menghindari pengisian daya iPhone Anda di atas 80% hingga sesaat sebelum Anda bangun, sehingga mencegah iPhone Anda tetap pada kapasitas puncak lebih lama dari yang diperlukan.

Meskipun ini praktis untuk perangkat seperti iPhone yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menggunakan baterai, Apple telah mengambil pendekatan yang sedikit berbeda dengan macOS, karena banyak pengguna menjalankan MacBook mereka ketika dicolokkan lebih sering daripada tidak.

Jadi dalam hal fitur Manajemen Kesehatan Baterai / Battery Health Management di macOS, yang akan terjadi adalah sistem akan berusaha untuk menentukan pengukuran terbaik antara tingkat atas kapasitas baterai aktual dan tanda "100%" pada indikator pengisian daya MacBook Anda.

Seperti disebutkan di atas, layaknya kebanyakan perangkat elektronik, MacBook selalu memiliki sedikit margin di bidang ini, tetapi dengan fitur baru kesenjangan ini dapat meningkat lebih banyak lagi, berdasarkan pada bagaimana Anda menggunakan MacBook Anda.

Apple mengklaim bahwa itu seharusnya tidak benar-benar mengurangi masa pakai baterai praktis Anda ketika Anda berada di jalan.

Namun, karena perusahaan mengeluarkan halaman lain dari buku pedoman iOS-nya, menggunakan algoritma pintar yang melihat hal-hal seperti pola pengisian daya, pola penggunaan, dan suhu baterai untuk menentukan dengan tepat margin yang harus digunakan untuk memperpanjang masa pakai baterai, serta kapan harus mengisi daya ke tingkat puncak yang lebih tinggi.

Misalnya, Fungsi Battery health Macbook semakin terpantau jika Anda biasanya membiarkan MacBook Anda tetap terhubung di meja Anda pada hari kerja, tetapi membawanya keluar pada hari Sabtu pagi, macOS harus mengenali ini, dan menahan MacBook Anda pada tingkat pengisian maksimum yang lebih rendah pada hari kerja ketika dicolokkan.

Tetapi tingkatkan sedikit lebih tinggi pada Sabtu pagi ketika tahu Anda akan berencana untuk berangkat. Seberapa efektif ini, tentu saja, akan tergantung pada seberapa dapat diprediksi pola penggunaan Anda.

Penting untuk diingat bahwa ini hanya memengaruhi pengisian baterai dan kapasitas keseluruhan. Tidak seperti yang dilakukan oleh Apple dengan manajemen daya iPhone, yang memperlambat kinerja seiring usia baterai untuk mencegah restart yang tidak terduga, akan muncul bahwa tidak ada fitur pelambatan dalam pembaruan macOS baru.

Ini masuk akal, karena MacBook biasanya tidak mengalami lonjakan daya yang lebih tipikal pada perangkat iOS, baik karena fakta bahwa baterai memiliki kapasitas yang lebih tinggi untuk memulai, dan kenyataan bahwa karena pengguna tidak berurusan dengan fitur-fitur seperti radio seluler dan kamera dengan lampu LED flash

Penggunaan daya MacBook cenderung berada pada kurva yang lebih halus bagi kebanyakan orang. Shutdown yang tidak terduga biasanya tidak menjadi masalah di MacBook sampai baterai internal mencapai titik di mana mereka jelas-jelas perlu diganti.

Bagaimana Menonaktifkan Battery Health MacBook

Pertama, penting untuk diingat bahwa hanya model MacBook yang lebih baru yang akan memasukkan fitur ini - tampaknya semua MacBook yang dilengkapi Thunderbolt 3.

Ini pada dasarnya berarti semua model MacBook Pro sejak 2016 dan model MacBook Air sejak 2018. Namun, karena MacBook lama, Anda mungkin memiliki model lama yang tidak akan terpengaruh oleh perubahan ini sama sekali.

macbook battery health cara meningkatkan

Tapi jika Anda memiliki MacBook yang memenuhi syarat, fitur ini diaktifkan secara default, baik ketika Anda update ke macOS Catalina 10.5.5 atau membeli MacBook baru yang sudah diinstal sebelumnya.

Kalau Anda lebih suka memastikan Anda selalu siap untuk pergi dengan baterai penuh daripada khawatir tentang umur panjangnya, itu adalah kotak centang sederhana yang mudah dimatikan dengan melakukan pengaturan ke System Preferences Anda, cara menonaktifkan fungsi battery health pada Macbook:

1. Klik pada ikon Apple menu di pojok kanan atas Mac desktop.
2. Pilih System Preferences
3. Pilih Energy Saver
4. Klik pada Battery Health di kanan bawah
5. Hapus centang pada bagian Battery health management
6. Klik OK
7. Silakan Turn Off untuk konfirmasi bahwa Anda ingin disable battery health management.

Jika tombol manajemen kesehatan baterai tidak muncul, itu karena Anda belum memperbarui ke macOS 10.5.5 atau MacBook Anda terlalu tua untuk mendukung fitur tersebut, dalam hal ini ia akan bekerja persis seperti sebelumnya.

Meskipun macOS Catalina 10.5.5 hanya tersedia dalam versi beta publik saat ini, Apple juga telah memilih untuk memberikan sosialisasi kepada pengguna dengan menerbitkan artikel dukungan untuk menggambarkan fitur: Tentang manajemen kesehatan baterai di notebook Mac, sehingga Anda dapat membaca lebih lanjut tentang hal itu di sana jika Anda tertarik pada beberapa detail yang lebih baik.