Skip to main content

Cara Lock Sinyal 4G di HP Oppo A31 Kunci Jaringan LTE Only

cara lock 4g only oppo a31

Baru sempat memegang Smartphone terbaru Oppo A31 dengan varian RAM 6GB dan penyimpanan memori internal hingga 128GB yang benar-benar menakjubkan, saya teringat langsung bagaimana cara mengunci jaringan 4G di Oppo A31 tanpa otomatis berubah jaringan ke 3G / H+.

Oppo A31 merupakan Smartphone yang dibanderol seharga Rp2 Jutaan dan meski awalnya mendapatkan stigma negatif karena masih pakai chipset MediaTek, tapi perlahan diterima semua kalangan masyarakat.

Smartphone ini juga sudah mendukung 4G LTE, walau belum 5G E. Kalau sobat ingin tahu caranya berikut kami berikan tutorial mengaktifkan 4G Only pada Oppo A31.

Cara Mengunci Jaringan 4G di Oppp A31

Oh iya sebelum melanjutkan ke metode pertama, sebaiknya sobat pastikan kalau kartu SIM sudah mendukung 4G LTE. Karena banyak sekali yang gagal menjalankan tips ini akibat SIM Card mereka menggunakan nomor yang sudah lama dan belum upgrade 4G. Jika sudah, yuk lanjut.

1. Ambil SIM Ejector, pastikan kartu perdana sudah registrasi dan aktif sesuai provider masing-masing. Cek juga minimal ada kuota walau sedikit buat tes koneksi.

2. Pasang kartu ke SIM Tray, masukkan. Tunggu sampai terdeteksi. Kami sarankan menyimpannya di slot SIM 1.

3. Masuk ke Pengaturan Oppo A31  > pilih Network & Internet > tap Mobile Network > pada Prefered Network Type silakan pilih 4G LTE.

4. Jika pada poin ketiga tadi tidak ada pilihan 4G, artinya SIM Card sobat belum mendukung jaringan 4G LTE. Berarti harus upgrade sesuai caranya masing-masing, bisa langsung ke gerai provider atau melalui online.

Sebaliknya, jika sudah sangat yakin kartunya support 4G tapi ketika memilih 4G cuma menampilkan jaringan H atau 3G berarti area atau wilayah dimana sobat berada itu belum mencakup sinyal 4G.

Bisa jadi juga karena sedang gangguan, dalam beberapa kasus misalnya kartu Tri/Three saya kalau lagi hujan sinyalnya otomatis turun ke 3G dan apabila mengaktifkan Lock 4G maka sinyal hilang semuanya sampai cuaca normal baru kembali seperti sediakala.

Seperti itulah panduan tentang Cara Kunci Jaringan 4G Oppo A31 dan tips lock sinyal LTE agar otomatis tidak berubah balik ke 3G lagi. Semua provider bisa, baik Telkomsel (simPATI, Halo, by.U, XL Axis, Indosat IM3 Ooredoo, Tri, hingga Smartfren.