Skip to main content

Apakah charger realme boleh dipakai cas hp Xiaomi?

Apakah charger realme boleh dipakai cas hp Xiaomi?

Dari pertanyaan yang masuk saya ambil bagian ini, pembaca bertanya bolehkah chargeran realme dipakai untuk ngecas Xiaomi? Jawabannya, boleh. Tapi sobat harus tahu konsekuensi menggunakan casan yang bukan original bawaan pabrik / kotak penjualan Smartphone Redmi / Mi.

Bahkan kadang ada juga yang sering pakai adaptor handphone Xiaomi buat dicas ke hp realme. Apakah itu aman? Semua yang tidak orisinal tak akan ada yang berani bilang itu aman sob, bahkan ekspert sekalipun akan menyarankan sobat untuk tetap memakai produk original yang diperuntukkan barang tersebut.

Bisa tidak ponsel Xiaomi diberi input berbeda? Wah itu di luar sepengetahuan saya. Yang jelas intinya adalah, sobat harus pastikan input dan output chargeran realme itu sama dengan spesifikasi hp xiaomi sobat, jadi tidak ada atau setidaknya meminimalisir terjadinya kerusakan.

Misalnya, hp sobat redmi note 7 yang sudah support fast charging 18 Watt, lalu mau pakai casan realme c3 yang notabenenya belum mendukung teknologi quick charge (5-10W) maka akan sangat lama proses pengisian daya baterai ke redmi note 7 itu.

Jadi usahakan minimal adaptor charger memiliki input dan output yang sama sesuai apa yang disematkan pada perangkat Smartphone tadi maka boleh saja pakai realme untuk HP Xiaomi.

Masalahnya banyak sekali pengguna ceroboh yang asal pakai chargeran merk hape lain untuk dijadikan kabel cas buat isi ulang baterai hp xiaomi. Padahal jika dilakukan asal-asalan secara berulang dapat berakibat fatal terhadap komponen baterai itu sendiri

Sobat harus paham konsekuensi keseringan memakai chargeran yang bukan orisinal untuk ponsel tersebut. Karena apabila baterainya sudah rusak, lalu didiamkan terus menerus akan merusak komponen lain pada Smartphone.

Demikian informasi tentang Apakah charger realme boleh dipakai cas hp Xiaomi yang dapat Kibezaka sampaikan, semoga bermanfaat, tetap gunakan produk original sesuai rekomendasi.