Skip to main content

Nakasone Rino Bongkar Gaji Koreografer dan Staf AKB48

Nakasone Rino Bongkar Gaji Koreografer dan Staf AKB48

Sobat wota mungkin sudah sering mendengar dan membaca informasi tentang berapa bayaran member AKB48 Group. Tapi apakah kalian pernah bertanya-tanya kira-kira siapa yang membentuk koreografi AKB dan berapa gaji koreografer AKB48 saat ini.

Baru-baru ini salah seorang staf AKB48 yang bertugas sebagai pelatih tari bernama Nakasone Rino membongkar beberapa hal tentang internal grup. Termasuk mengenai honor sebagao koreografer selama bertahun-tahun bertugas untuk idol group asal Akihabara itu.

Profil singkat tentang Rino Nakasone Razalan, dia merupakan pelatih menari profesional yang lahir di kota Naha, Prefektur Okinawa dan salah satu yang terbaik seantero negeri Sakura. Ia sudah malang melintang dipercaya bertugas menjadi pelatih tari berbagai grup.

Oleh America Best Dance Crew, Nakasone Rino dinobatkan menjadi Top 10 penari dan koreografer terbaik di Asia. Ia menikah sama Lee J Razalan, yang juga berprofesi sebagai seorang penari dan koreografer asal Filipina.

Pada ajang besar yang membutuhkan seremonial pembukaan, Nakasone Rino juga kerap menjadi guru tarinya.  Tak terkecuali untuk gelaran Olimpiade Tokyo 2020 nanti Rino terlibat di balik layar buat menciptakan koreo tarian di acara Opening Ceremony Olympics yang digelar musim panas mendatang.

Kalau di Jkt48 kita tentu saja sudah tahu bahwa mereka para petugas yang bekerja di balik layar seperti bang Wisnu Project Manager, Fotografer, Desainer, Web Developer, Tiketing, Satpam Theater, Kasir Merchandise, Asisten, Manajer semuanya tergabung dalam staf JOT.

Sedangkan di Akb48 mereka disebutnya AKS Squad (Vernalossom Members). Kata Rino kepada pembawa acara program televisi tengah malam Downtown DX kemarin, dia mengungkapkan nominal bayaran yang diterimanya.

Pengakuan Nakasone Rino menyebut dari segala penyelenggara dan grup idola di Jepang, Akb48 yang membayar paling tinggi kepadanya.

Meski tidak disebut berapa durasi pembayaran kontrak itu, namun Rino menambahkan ia dibayar berkisar antara 1 sampai 5 juta Yen atau setara Rp135 juta hingga 675 juta Rupiah.

Mengingat sebagai koreografer maka tugas Nakasone Rino sangatlah tidak mudah. Ia memiliki beban wajib membuat koreografi tarian yang luar biasa unik dan berbeda bahkan belum pernah ada di grup mana pun sebelumnya.

Tugasnya tentu akan berat karena segala koreo buatan dia bakal ditiru bukan hanya anggota AKB48 Group di Jepang tapi jufa oleh 48 Family Sister Grup AKB di luar negeri seperti BNK48, JKT48, MNL48, SGO48, Team SH, Team TP, CGM48, DEL48 dan MUB48.

Selain Akb48, beberapa grup yang pernah menggunakan jasa Nakasone Rino antara lain G-Friend, Girls Generation, Red Velvet, Morning Musume, Last Idol, SNSD, Perfume, f(X), Super Junior, NCT 127, SMAP dan SUPER GiRLIES.