Skip to main content

Kasus Fidly Jkt48 graduate karena fia dibully fans

Fidly Immanda Azzahra mungkin menjadi anggota JKT48 paling malang saat ini. Tiada hari tanpa hinaan yang dilontarkan terhadap ember generasi keempat itu oleh oknum fans. Gadis yang akrab disapa Fia tersebut memang dicaci maki, dijadikan bahan lelucon yang terparah hingga mengarah ke penghinaan fisik.

Semua bermula dari kisah masa lalu, menurut akun Twitter @fansremahroti, kesalahan Fidly terjadi ketika dia belum menjadi member. Memang salah satu screenshot akun media sosial Fia sebelum bergabung JKT48 sempat viral.

Ketika nama Fidly Immanda dinyatakan lolos sebagai kandidat Trainee pada Mei 2015, penggemar menyebarkan status dalam akun Facebook lama Fia. Ia kala itu masih menjadi seorang fans JKT48, salah satu update statusnya viral mengenai Yona.

Fidly mengunggah sebuah foto skandal diduga Viviyona Apriani sedang kencan bersama seorang pria dari belakang. Mungkin sebagian dari Anda tidak asing dengan slogan ikonik "Halah.. yon yon." Hingga kini stigma negatif Wota jika mendengar nama Fia = Tubir.

Keributan semakin menjadi, tatkala Fidly terpilih menjadi member backup Team KIII. Tim yang dimana ada Yona di dalamnya, seolah Fia masuk kandang macan mengingat fans Team K3 saat itu sedang gencarnya membenci Fidly.

Stereotip yang menyatakan Fidly = Tubir telah melekat kuat dalam fandom peridolan. Apalagi semakin diperkuat oleh fans garis keras Team KIII, sebagian Circle K3 masih menyimpan dendam. Sementara fans lain sering menjadikan Fia sebagai bahan lucu-lucuan.

Ditambah keberadaan akun Twitter Menfess JKT48 seperti @jeketifess dan @jeketifeed menambah panas situasi mengingat siapa pun bisa menggunakan fitur auto base itu tanpa harus difollow atau mem-follow sehingga sering disalahgunakan akun anonim.

"Gua sih emang bukan Fidly oshi, tapi ya please lah the past is the past. Semua orang punya kesalahan masa lalu." tulis @A_bokis. "Gimana member mau berkembang sedangkan gelar itu (Fia = Tubir) terus aja disematkan. Makanya pas di online campaign (SSK) youtube semalam she said 'Mau di posisi mana pun dia, pasti yang akan dilihat cuma jeleknya aja." lanjutnya.

Fidly memang bisa dibilang kurang beruntung dibanding member lain, ia sudah punya haters sebelum berhasil menarik perhatian publik. Seakan tubir melawan Fia dinyatakan legal bagi beberapa fans, mengingat dulunya doi juga suka ributin member.

Tidak sedikit fans yang mengatakan akan merayakan hari dimana Fidly JKT48 Graduate. Salah satu handshake event bahkan ada fans rela datang ke jalur Fia mengenakan masker dan topi, lalu bertanya padanya "Kapan lu grad?" dengan bangganya mereka berbagi pengalaman tersebut di grup Facebook. Meskipun seluruh member sudah pasti akan lulus pada waktunya.

"Kasian gua liatnya, mau dia (Fidly) ngelakuin apa pun selalu ada tubirannya. Nafas aja salah kayaknya dia, semoga JOT segera shuffle deh pindahin ke Team KIII biar mingkem tuh pada." komentar akun Facebook Wayan Ronggolawe.

Ironis, mengingat keberadaan Fidly di Team T makin diperparah oleh oknum fans lain yang tidak menyukai tim tersebut. "Team T makin ampas aja isinya emang member belagu, banyak gaya, sok tau. Jengkel juga gw liatnya." tulis salah satu fans.

Member Team T yang tidak lepas dari cercaan fans lumayan banyak selain Fidly, ada Hasyakyla Utami (Kyla), Thalia Ivanka (Vanka), Adhisty Zara, Puti Nadhira (Pucchi), Gabryela Marcelina (Aby) hingga Aninditha Rahma (Anin).

Paling segar selain cuitan Aby, saat musim kampanye JKT48 Senbatsu Sousenkyo 2019 menyuruh fans untuk menabung dengan caption "Kenapa Disuruh Nabung Buat SSK -_-, Kalian aja yg nabung! #Saby" yang entah kenapa langsung menimbulkan keributan di fandom.

Aby jkt48 skandal kasus gabryela marcelina graduate

Cuitan itu bukan kali pertama Tweet yang timbulkan kontroversi bagi Aby, sebelumnya ia juga pernah menyindir Ratu Vienny Fitrilya. Simak: Sindiran Gabryela Marcelina Terhadap Viny dan JKT48.

Adhisty Zara yang notabenenya digadang-gadang jadi Ace masa depan JKT48, pun tak luput dari cacian fans. Zara beberapa kali pecahkan rekor film yang dibintanginya, memutuskan lulus dan diikuti oleh Kyla yang merupakan saudari kandungnya.

Lalu kenapa Zara ikutan jadi sasaran? Usut punya usut, keributan diawali oleh provokasi fans melalui akun base @jeketifess. Seorang pengirim (Sender), memancing opini negatif tentang Zara sampai memicu pro kontra.

Padahal, aman untuk berkata bahwa Zara berhasil meningkatkan popularitas JKT48 di kalangan masyarakat awam berkat larisnya beberapa judul film yang ia bintangi dalam dua tahun belakangan seperti Dilan 1991, Keluarga Cemara, Dua Garis Biru, Ratu Ilmu Hitam, hingga terbaru Mariposa.

Blunder anggota Team T tidak berhenti disitu. Saat kelulusan Kyla mengatakan sistem idol group yang diterapkan JKT48 "Tidak sesuai konsep" baginya. Pernyataan pedas ini tuai kritikan pahit, kebanyakan publik menyayangkan ucapan Kyla sebab dianggap sebagai penghinaan.

Sedangkan Anin, dalam hal ini doi dianggap meniru gaya / style eks member generasi kedua, Cindy Yuvia. Seolah Yupi merupakan gadis eksklusif, sehingga beberapa oknum fans kerap lontarkan kalimat bernada Bullying terhadap Aninditha Rahma Cahyadi.

Makanya belakangan desakan Reshuffle agar Fidly Immanda Azzahra masuk ke Team KIII atau Team J berdengung di media sosial. Mereka khawatir akan kesehatan mental Fia yang dikabarkan mulai melemah akibat banjir caci maki dan sindiran.