--> Skip to main content

Kasus 7senses bubar setelah plagiat Bts koreografinya

Kasus 7senses bubar setelah plagiat Bts koreografinya

7senses adalah girlband buatan Shanghai Siba Star48 Limited sebuah perusahaan yang bermarkas di Tiongkok serta mengelola juga Snh48, Bej48, Gnz48, Idols Ft. Tapi kini ada satu kasus 7senses jiplak gerakan boyband korea selatan yaitu Bts.

Kasusnya bahkan menyebar dan dibahas oleh para netizen internasional di seluruh dunia. Karena fanbase Bts memang luas cakupannya menjangkau berbagai negara bukan cuma di wilayah asia saja.

Sehingga popularitas 7senses mendadak terangkat, sayangnya bukan karena prestasi tapi akibat skandal plagiarisme girlgroup bergenre campuran C-Pop dan K-Pop itu.

Jadi pada waktu menghadiri acara Qing Chun You Ni 2 (Youth with You Season II 2020) kemarin girlvand 7senses dihujat dan diserang penggemar Kpop di media sosial Twitter, Instagram sampai weibo.

Bahkan beberapa fans menyerbu akun pribadi para member Sen7es yakni: Xu YangYuzhuo (Eliwa), Xu Jiaqi (Kiki), Dai Meng, Zhang Yuge (Tako), Zhao Yue (Akira), Chen Lin (Datou Lynn), dan Kong Xiaoyin (Bee).

Bts memang memiliki gerakan tangan khusus nan ikonik ciptaan mereka sendiri. 7senses kemudian meniru gerak-gerik itu dengan jari jempol menghadap ke atas, jari telunjuk dan tenngah mengarah ke bawah sementara jari manis & kelingking ditekuk ke dalam membentuk angka tujuh.

K-Netz menilai 7senses harusnya malu dan klarifikasi atas kejadian memalukan itu kepada publik. Komentar dan kritik pedas disampaikan warganet di SNS.

"Tidak seharusnya mereka diterima oleh warga Korea."

"Silakan deportasi mereka ke negara asalnya, tidak pantas sama sekali berada di industri Kpop."

"Wow.. Aku bahkan baru tahu ada girlgroup bernama 7senses, sepertinya mereka suka mencari sensasi kayak namanya."

Sebaliknya fans 7senses membela idola mereka dan menganggap tidak ada sama sekali niatan plagiat gerakan Bts, karena angka tujuh merujuk pada jumlah member girlband tersebut dan logo yang dipakai sejak pertama debut.

Bts (Bangtan Boys) merupakan boy group korsel yang terdiri atas 7 personel yaitu: V, Jimin, Jungkook, Suga, Jin, RM, dan J-Hope. Mereka sudah mencetak ratusan rekor dunia dan menerima penghargaan di berbagai ajang musik bergengsi.

Pastinya skandal 7senses yang jiplak dan plagiat Bts ini akan menjadi perbincangan hangat di kedua belah pihak khususnya fandom tiap grup bakal habis-habisan melindungi idola mereka.