--> Skip to main content

Cara menggunakan USB OTG di Oppo A31 buat kirim file

Cara menggunakan USB OTG di Oppo A31 buat kirim file

Tips dan trik memakai fitur USB OTG pada hp Oppo A31 dengan mudah. Oppo A31 merupakan Smartphone dengan fitur yang lumayan mumpuni, mulai dari triple camera belakang memiliki resolusi masing-masing 12MP + 2 MP + 2MP, membuat ponsel besutan Oppo tersebut banyak diminati berbagai kalangan pengguna.

Salah satu fitur yang menarik adalah kehadiran USB On-The-Go (OTG). Singkatnya, fitur ini berguna untuk mengirim data antar hp hanya dengan menggunakan kabel khusus dinamakan Kabel OTG.

Kelebihan transfer data dan file pakai OTG yaitu kecepatan pengiriman melebihi teknologi Bluetooth. Meski secara spesifikasi juga Oppo A31 telah didukung kecanggihan Bluetooth versi 5.0.

Langkah awal untuk mengaktifkan OTG di Oppo A31 yakni dengan ambil kabel USB OTG kamu, biasanya ada di kotak pembelian. Kalau tidak dapat, silakan beli harga berkisar 10 ribuan atau pinjam teman.

Sambungkan kedua ponsel menggunakan kabel OTG yang terhubung dengan kabel data chargeran HP. Sesuaikan HP yang dijadikan pengirim dengan penerima file agar tidak membingungkan nantinya.

Pilih file yang akan dikirimkan sekaligus, biasanya berupa dokumen PDF, e-Book, foto, video atau data lain sesuai selera. Kemudian cek tampilan layar pada hp penerima dan klik OK untuk terima file kiriman.

Apakah dalam kasus ini Oppo A31 berposisi sebagai penerima atau pengirim? Tentu bisa keduanya, Smartphone A31 kamu bisa dijadikan hp untuk kirim file atau pihak terima saja.

Misalnya hp pengirim Oppo A32, sedangkan penerimanya menggunakan realme, xiaomi, vivo, samsung, asus, nokia, infinix, advan sekali pun berlaku juga sebaliknya di penggunaan OTG ini. Asalkan bukan produk Apple / iPhone karena jelas berbeda.

Solusi untuk mengatasi kabel OTG tidak terbaca di Oppo A32 yaitu dengan memperbaiki posisi kabel, cabut sementara (Eject) kemudian sambungkan lagi.

Langkah kedua jika masih mengalami kendala error OTG kalian belum juga terdeteksi misalnya, restart hp penerima file lalu coba kembali. Apabila tetap gagal, hubungi tim Support saja.

Sedangkan cara membuka file hasil kiriman via OTG tinggal cek di galeri (jika foto/video) atau file manager kalau berbentuk dokumentasi lain seperti musik / lagu, PDF, docs, dan sebagainya.

Kalau ada yang bingung serta mau ditanyakan silakan sampaikan. Demikian Cara menggunakan USB OTG di Oppo A31 buat kirim file dan terima berkas, semoga bermanfaat.