--> Skip to main content

Cara Mengatasi Aplikasi Zoom Tidak Bisa Dibuka Error

Cara Mengatasi Aplikasi Zoom Tidak Bisa Dibuka Error

Solusi cara memperbaiki aplikasi Zoom yang error tidak bisa dibuka, gagal diakses, Force Close / Berhenti Paksa, keluar sendiri di Android dan iOS iPhone. Belakangan memang sedang banyak warga masyarakat yang berbondong-bondong mencari aplikasi Smartphone untuk Meeting/Rapat dan sekolah/kuliah secara daring/online.

Selain Microsoft Teams, aplikasi populer lainnya yang naik daun adalah Zoom Teleconference. Di Google Play Store jumlah pemasangan aplikasi ini lumayan meningkat cukup signifikan hingga menembus angka 50 juta kali instalasi.

Bahkan saking banyaknya pengguna, sampai server sempat mengalami down beberapa kali dan tim pengelola Zoom kelelahan menghadapi lonjakan pelanggannya. Inilah yang menyebabkan Zoom tidak bisa dibuka sampai error di HP Android atau iPhone iOS.

Cara Mengatasi Aplikasi Zoom Tidak Bisa Dibuka

1. Langkah solusi memperbaiki kerusakan & error software ini bisa ditempuh dengan masuk ke Pengaturan ponsel.

2. Setelah menuju Settings, carilah tombol pengelola aplikasi / Apps Manager. Biasanya di dalam atau dekat Penyimpanan Internal.

3. Nanti muncul daftar aplikasi yang diinstal pada HP, silakan cari Zoom.

4. Pilih dan Tekan tombol Hapus Cache (Clear Cache).

5. Restart perangkat Smartphone Anda untuk menyegarkan kembali kondisi sistem.

Penyebab utama lainnya bisa jadi karena kapasitas memori ROM internal HP Anda sudah terlalu overload alias kepenuhan. Untuk menyiasati hal ini sebaiknya menghapus beberapa file berupa foto, video, hingga aplikasi yang paling jarang digunakan.

Jika sudah reboot, coba ulangi kembali membuka aplikasi Zoom. Jangan lupa juga cek berkala kondisi jaringan internet sebab biasanya sinyal amat mempengaruhi situasi pemakaian aplikasi di telepon genggam. Apabola belum bisa juga mungkin menunggu pembaruan firmware atau software update dari pengembang.

Demikian trik tips panduan singkat mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Zoom Tidak Bisa Dibuka karena Error metode solutif lainnya dapat uninstall lalu install kembali.