Skip to main content

Berapa lama artikel kita tayang di Hipwee setelah kirim?

Sobat mungkin bertanya-tanya kira-kira berapa lama artikel kiriman kita bisa tayang di situs Hipwee setelah submit postingan sendiri? Hal ini juga sempat membuat gundah gulana saat mengirim artikel berjenis Listicle beberapa waktu lalu.

Situs Hipwee memang tidak membayar penulis, tapi setiap postingan yang berhasil lolos verifikasi dan peninjauan (Review) bakal berpotensi dibaca oleh jutaan pengunjung web Hipwee.

Sebelum mengetahui berapa lama kita harus menunggu agar artikel diterbitkan oleh Hipwee, ada baiknya kita memeriksa kembali konten buatan sendiri. Apakah sudah memenuhi persyaratan? Sesuai kriteria penulisan dan tema di web Hipwee?

Sebenarnya kita bisa melihat artikel lain yang sudah terbit sebagai bahan referensi untuk membuat postingan. Jumlah minimal kata di Hipwee setahu saya itu 500 kata, tapi apalah arti jumlah kata, kalau topiknya tidak relevan dengan ciri khas Hipwee.

Ya, artikel kamu harus ikut pedoman komunitas Hipwee. Misalnya, yang lagi viral, gaya berpakaian artis, zodiak yang cocok buat Sagitarius, itu cuma sekadar gambaran umum. Karena kalau kamu ngetik artikel 2000 kata pun jika topiknya tentang hal-hal yang tidak sesuai atau melanggar, maka sulit diterima.

Setelah yakin bahwa artikel kiriman kamu sudah lengkap dan menyesuaikan aturan di Hipwee, maka selanjutnya kirim lalu menunggu. Inilah saat-saat dimana kamu harus rajin cek dasbor akun Hipwee secara berkala untuk mengetahui status perkembangan artikelnya.

Cukup login ke akun Hipwee, kemudian masuk menuju Dashboard dan tap menu Semua Listicle atau Narasi, tergantung kamu mengetiknya di kategori apa. Nah, nanti muncul daftar artikel yang sudah kamu buat beserta statusnya.

Berapa Lama Artikel Kita Tayang di Hipwee Setelah Kirim?

Ada Draft, Semua, In Review, Ditolak, Scheduled dan Publish. Jika masih berada di bagian In Review artinya masih dalam proses penijauan tim Hipwee, kalau ditolak ya berarti gagal tayang dan harus cek ulang. Sedangkan apabila berhasil diterima & sudah diposting berarti labelnya berubah jadi Publish.

Selama proses tinjau ini kalian masih dapat akses edit tulisan, tapi kayaknya akan memperlambat proses tayang. Karena tanpa diedit saja, kita harus nunggu beberapa hari. Berdasarkan pengalaman saya pribadi artikel baru tayang di Hipwee setelah 5 hari Submit.

Memang semua pengguna pasti berbeda-beda, entah apa faktor yang bisa mempercepat proses Publish. Tapi kalau sobat sudah submit dan belum diterima atau masih In Review lebih dari seminggu langsung kontak via email Hipwee Community saja.

Kadang juga artikel saya ditolak, dan kalau gagal ditayangkan maka tim Hipwee Community akan mengirimkan kamu email mengenai alasan dan penyebab mengapa artikelnya tidak dapat diterbitkan.