Skip to main content

Urutan Member JKT48 Terkaya dengan Gaji Tinggi

Urutan Member JKT48 Terkaya dengan Gaji Tinggi

Berapa sih bayaran anggota JKT48 itu? Apakah benar nominal gaji bulanan mereka hampir setara gajinya ketua DPR yang terhormat? Disinilah kita bakal bahas, sobat wota sudah paham lah ya bagaimana sistem idol group yang mengadopsi konsep AKB48 Family di Jepang.

Mereka akan terus mengandalkan sponsor, endorse untuk tingkatan tiap member. Sementara secara keseluruhan sumber penghasilan JKT48 untuk membayar gaji membernya itu berasal dari pertunjukan teater, handshake event, penjualan merchandise, CD single, DVD album, photopack, konser, hingga Official Fan Club (OFC) Event.

Dalam sebulan setidaknya ada 15 sampai 20 kali show theater. Sekali perform itu biasanya dihadiri 250 sampai 360 penonton, khusus hari tertentu misalnya pertunjukan kelulusan member, seitansai / ulang tahun, dan sejenisnya itu bakal lebih ramai.

Katakanlah 300 orang sekali show, dengan harga tiket normal Rp120,000 jika sehari 300x120k = 360 juta per sekali show, maka hitung sendiri kalau sebulan totalnya ada 20-25 show, oh iya tiap weekend (Sabtu-Minggu) biasanya total ada empat kali pertunjukan.

Itu baru dari theater, belum pendapatan sektor lain. Tentu saja, dengan uang penghasilan sebesar itu akan dibagi untul membeli kebutuhan, membayar gaji staf, member, sewa ini itu.

Terus penasaran kan, siapa member JKT48 terkaya dengan gaji tinggi saat ini? Well, semua balik lagi karena tergantung pada seberapa besar kontribusi seorang personil grup idola terhadap groupnya.

Karena tentu saja tiap member berbeda. Analogi sederhananya begini, kalau anggota trainee yang baru gabung gajinya setara UMR, maka member senior yang sudah terkenal, malang melintang, tentu akan lebih tinggi. Apalagi kalau dia juga punya side job, pekerjaan sampingan.

Di Jepang sama, kerjaan sampingan member 48 Group itu jadi model majalah mingguan (sampul/cover gravure), ada juga yang endorse barang di media sosial, menjadi YouTuber Gaming seperti Miyawaki Sakura, syuting iklan TV, drama/FTV/ dan dikontrak sebagai brand ambassador.

Itu juga mungkin yang diterapkan sama JKT48. Meski kita tidak tahu pasti persis, siapa member JKT48 terkaya namun setidaknya masih bisa berasumsi mana member yang punya penghasilan tertinggi diantara anggota lainnya yang aktif.

Shani Indira Natio, juara Senbatsu Sousenkyo 2019, center, sekaligus Ace, tentu beda sama Adzana Shaliha atau Lian Olivia Payten yang baru resmi masuk JKT48 di 2020.

Karena banyak sekali member yang dari lahir emang udah kaya raya dan tajir sob, jadi wajar kalau mereka tampil mewah setiap di luar teater.

Perdebatan soal urutan member JKT48 terkaya tidak akan ada habisnya selama generasi baru terus diperkenalkan setiap tahun, apalagi persaingan antar member makin kuat dan ketat membuat mereka harus memiliki daya tarik tersendiri.