--> Skip to main content

Solusi mengatasi sinyal By.U hilang dan panggilan darurat saja

Cara memperbaiki sinyal By U yang hilang sering no signal bahkan sampai panggilan darurat saja (Emergency calls only). Ini sempat dialami oleh beberapa teman saya yang juga menggunakan kartu provider seluler By.U selama 2 bulan belakangan.

Solusi mengatasi sinyal By.U hilang dan panggilan darurat saja

Dirasa agak aneh juga kalau By.U mengalami kendala soal sinyal & jaringan internet yang bermasalah, padahal seperti yang kita ketahui bersama kalau ByU yang notabenenya layanan milik Telkonsel pasti menggunakan koneksi milik Tsel.

Tentu bukan rahasia lagi bila Telkomsel jadi operator seluler yang memiliki jaringan & sinyal terluas di Indonesia. Tapi namanya juga kendala, kita semua tidak berharap namun kadang tetap terjadi apa pun faktor yang menyebabkannya.

Nah, untuk user By.U biasanya permasalahan yang sering dialami itu sinyal sering hilang. Kalau diibaratkan baris empat, itu cuma sisa satu. Tapi tenang, ini bukan sepenuhnya salah HP kamu.

Ketika saya tanya di media sosial Twitter @byu_id, mereka tidak menjawab. Mungkin akunnya cuma difokuskan untuk promosi saja, sementara di aplikasi niatnya mau ngobrol sama Customer Service malah dijawab bot.

Hmm.. berarti saya harus coba cari solusi sendiri. Pertama saya restart HP, tapi sebelumnya mengatifkan modr pesawat terlebih dahulu. Trik ini sering sekali saya gunakan, apa pun tipe Smartphone dan jenis providernya, kalau sinyal lagi buruk, di tempat yang sama dengan teman-teman sementara yang lain normal saja.

Saya juga nggak tahu teori darimana itu aktifkan Airplane Mode sebelum restart HP jika mengalami kendala sinyal, ini pertama kali saya alami dulu saat menggunakan HP Redmi 3s Prime kalau tidak salah itu akhir 2016.

Dan sejak itulah saya biasanya tiap mengatasi sinyal operator seluler yang lemot, lemah, cuma 1 bar, akan melakukan reboot/restart ponsel selagi mengaktifkan mode pesawat, jangan lupa untuk menonaktifkan data seluler terlebih dahulu. Tips tadi berfungsi & berguna buat pengguna By.U juga ya.

Metode kedua dengan reset jaringan internet seluler. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah paham, khususnya user Oppo / Realme, Xiaomi, Samsung dan Vivo. Memang sejak Android Lollipop dan seterusnya, fitur bawaan HP lumayan makin lengkap.

Begitu pula dengan pengguna iOS, untuk mereset sinyal By.U cukup masuk ke menu Settings (Pengaturan), cari General (Umum) dan scroll ke bawah hingga menemukan letak menu reset Jaringan. Nanti akan memerlukan reboot / restart untuk mengaplikasikannya.