Skip to main content

Review Lenovo Yoga C1940 14 Indonesia: Pengalaman Pribadi

Lenovo telah menjadi salah satu pemain paling dominan dalam teknologi 2-in-1 dengan lini Yoga-nya selama bertahun-tahun, dengan Laptop Yoga C940 sebagai iterasi terbaru.

Sementara saya memiliki rekan kerja yang menggunakannya dan saya memiliki kesempatan untuk menghabiskan beberapa menit dengan sejumlah model sebelumnya di sana-sini, ini adalah kesempatan pertama saya untuk menggunakan laptop Lenovo untuk melakukan pekerjaan nyata.

Tanpa merusak review, setelah bekerja dengannya selama beberapa minggu, saya pasti bisa mengetahui mengapa Lenovo Yoga C940 begitu populer.


Lenovo telah benar-benar menyempurnakan desain ini dan walau masih ada beberapa area untuk perbaikan, pengalaman keseluruhan menarik bagi mereka yang menginginkan laptop tetapi lebih memilih pengalaman tablet untuk tugas-tugas tertentu.

Tapi itu terlalu menyederhanakan hal, jadi mari kita lihat lebih dekat pada Lenovo C940 dan Anda dapat memutuskan apakah laptop jenis 2-in-1 cocok untuk Anda.


Desain dan Perangkat Keras

Saya terkesan dengan Lenovo Yoga C940 14-inci langsung dari kotak.

Sederhananya, ini laptop yang terlihat bagus.

Saya suka desain yang agak meruncing mulai dari engsel dengan kisi-kisi speaker yang terbuka dan menipis di bagian depan.

Asimetri bagian atas dan bawah laptop di bagian belakang memberikan tampilan yang lebih menarik daripada desain laptop standar yang kita semua harapkan.

Tepat di bawah 3 kg (tepatnya 2,98), nahan aluminium padat bukan salah satu yang paling ringan yang tersedia, tetapi sebanding dengan kompetisi utamanya di kelas ini dari Dell, Asus dan HP serta terasa kasar tanpa menambahkan terlalu banyak beban ke tas Anda.

Di bagian luar laptop, sisi kanan hampir tanpa fitur kecuali tombol power.

Saya tidak keberatan penempatan ini karena sekitar delapan inci dari bagian belakang laptop, jadi masih mudah ditemukan tanpa mencarinya.

Bagian belakang laptop memiliki grille speaker yang menonjol di engsel dan stylus.

Setelah baru saja mencoba Samsung Galaxy Chromebook di CES, saya memiliki sedikit preferensi untuk rilis pop-out yang ditawarkan dalam stylus itu, tetapi Lenovo memang memberikan indentasi yang cukup substansial, bahkan jika Anda hampir tidak memiliki kuku, mudah untuk menghilangkan stylus pada percobaan pertama Anda.

Sisi kiri Lenovo Yoga C940 ada satu USB-A dan dua port USB-C, bersama dengan jack headphone / lubang mic mikrofon.

Saya suka keberadsan port USB-A karena masa depan USB-C kami yang berani masih belum cukup sempurna.

Saya akan menyukai port USB-C lain di sisi kanan hanya untuk kenyamanan mengisi daya di kedua sisi, tetapi mengingat daya tahan baterai pada laptop ini, itu bukan masalah serius.

Membuka laptop Anda memiliki webcam di bagian atas layar dengan saklar kecil untuk menempatkan penutup privasi di atas kamera saat tidak digunakan.

Kamera web tidak memiliki dukungan pengenalan wajah Windows Hello, tetapi untuk opsi masuk biometrik, ada pemindai sidik jari di sudut kanan bawah keyboard.

Touchpadnya cukup luas dan responsif dalam penggunaan saya.

Layar

Lenovo Yoga C940 memiliki layar 14 inci dan ada dua opsi berbeda untuk resolusi.

Model yang saya uji hadir dengan layar sentuh full HD 1080p dengan kecerahan hingga 400 nits, tetapi opsi high-end adalah layar sentuh 4K dengan nilai 500 nits.

Saya yakin 4K terlihat cantik, tetapi saya sama sekali tidak kecewa dengan tampilan dalam model 1080p.

Pitch terkuat untuk model 4K adalah mereka yang berencana untuk menggunakan C940 dalam mode tablet sebagai 14-inci dalam 1080p pada kedekatan itu tidak terlihat segar.

Tetapi jika Anda lebih dari 80/20 laptop ke tablet membagi masa pakai baterai ekstra dari layar 1080p mungkin merupakan aktivitas yang layak dicoba.

Laptop default ke zoom 150%, yang terasa sempit bagi saya, tetapi beralih cepat ke 100% lumayan nyaman.

Kecerahannya cukup banyak untuk berurusan dengan kedai kopi lokal saya di hari yang cerah, yang hampir seluruhnya merupakan jendela, sehingga seharusnya bisa menangani hampir semua lingkungan.

Sementara C940 tidak menawarkan HDR atau gamut warna lebar, saya ubah warna menjadi cerah dan kecuali Anda adalah konsumen utama atau produsen konten HDR, saya tidak melihat ini sebagai masalah.

Kinerja

Model dasar dari Lenovo Yoga C940 hadir dengan Intel Core i5 (10th Gen) 1.10GHz (Turbo Boost hingga 3.7GHz) dan 8GB LPDDR4X RAM.

Saya memiliki opsi mid-tier yang meningkatkan hingga 1,30GHz (Turbo boost hingga 3,9GHz) Core i7 (Gen ke-10) dan RAM LPDDR4X 12GB.

Itu sebenarnya opsi CPU teratas, tetapi Anda dapat menambah RAM hingga 16GB.

Saya jelas tidak dapat berbicara dengan model dasar, tetapi opsi tingkat menengah saya telah menangani semua tugas standar harian saya dengan mudah.

Jelas, pengolah kata dan spreadsheet sama sekali bukan masalah, tetapi jumlah tab Chrome saya yang sering banyK (walaupun setengah dari tinjauan saya, saya beralih ke versi Chromium Edge yang baru, sedikit lebih banyak tentang itu nanti) dan pengeditan foto adalah sedikit lebih melelahkan tetapi tidak pernah disebabkan oleh perlambatan performa yang nyata.

Tentu saya tidak akan menyarankan membeli hal ini untuk game berat atau jika Anda seorang editor video profesional.

Untuk itu, versi Yoga C940 15,6 inci yang menambahkan NVIDIA GeForce GTX 1650 akan menjadi pilihan yang lebih baik.

Tetapi untuk penggunaan saya menulis, pekerjaan web yang luas, foto-foto dan video sesekali di Premiere, Yoga C940 14-inci mudah untuk tugas itu.

Saya telah melihat beberapa tolok ukur untuk Lenovo Yoga C940 hanya untuk mengonfirmasi bahwa saya tidak berhalusinasi atau berkhayal dalam pengalaman saya dengan itu dan ini akan sejalan dengan Dell XPS 13 2-in-1 mulai Oktober dan bahkan tepi keluar Surface Pro 7.

Daya Tahan Baterai

Sementara saya tidak berpikir saya bisa membayangkan mengenai tanda 15 jam yang dikutip Lenovo untuk Yoga C940, saya tidak memiliki keluhan tentang masa pakai baterai pada model saya.

Saya tidak melakukan pengujian baterai formal, tetapi awalnya saya mendapatkan sekitar 7-8 jam Screen On Time sekali pengisian daya dengan bermacam-macam tugas kantor, penelusuran, dan pengeditan media.

Ketika saya beralih dari Chrome ke Chromium Edge, saya melihat perbedaan hingga sekitar 9-10 jam, secara konsisten.

Sekali lagi saya tidak melakukan tes formal sehingga saya tidak dapat menyatakan bahwa penggunaan saya identik pada zaman sekarang, tetapi tidak ada perubahan signifikan pada pekerjaan saya dan hasilnya konsisten selama beberapa hari.

Jika Anda tidak memiliki pengeditan foto atau video dan sedikit lebih bijaksana dengan membuka banyak tab di browser Anda, saya yakin Yoga C940 dapat membuat Anda 12-13 jam tanpa masalah.

Keyboard

Sampai baru-baru ini, saya adalah pengguna MacBook Pro 15 tahun 2017, jadi fakta bahwa keyboard pada C940 telah bekerja sepanjang waktu saya telah mengujinya sudah luar biasa bagi saya.

Namun, di luar keandalannya, ini adalah papan ketik yang bagus untuk digunakan.

Tombol-tombolnya memiliki klik yang bagus untuk mereka tanpa terlalu keras (lagi-lagi MBP 15 saya sedang melihat Anda).

Jelas tidak menderita sindrom keyboard laptop lembek yang menimpa banyak Chromebook.

Perjalanan utama terasa padat juga, nyaman untuk mengetik sepanjang hari kerja.

Saya tidak mengalami kesulitan mempertahankan kecepatan pengetikan standar saya, itu sekitar 3-5 WPM dari normal, yang diharapkan dengan keyboard baru dan saya tidak ragu dalam satu minggu lagi atau lebih saya akan cepat.

Kualitas Audio

Saya akan menyentuh speaker dengan sangat cepat, karena saya sama-sama menghargai soundbar dalam desain engsel dan mereka terasa lebih baik daripada kebanyakan.

Desain memastikan bahwa mereka selalu membuat Anda mempertimbangkan apakah Anda ingin gunakan dalam mode tablet, atau laptop.

Ada dua speaker Dolby Atmos 2W di dalam engsel dan kemudian sepasang kedua di bagian bawah laptop.

Mereka tetap sangat segar dan bersih hingga sekitar 92% volume.

Melewati titik itu, Anda mulai mendapatkan sedikit getaran, tetapi jujur, itu cukup keras sehingga jika Anda membutuhkannya lebih keras Anda tetap harus menggunakan headphone.

Saya tidak banyak menggunakannya, tetapi Lenovo C940 menawarkan teknologi dual-field mic dengan dukungan untuk Cortana atau Alexa.

Saya tidak punya masalah dengan ini bekerja ketika duduk di laptop dan Lenovo mengindikasikan itu akan bekerja hingga 13-kaki dan saya bisa menduplikasi itu dan sedikit di luar.

Meskipun, ketika saya memberikan perintah laptop saya dari seberang ruangan, saya tidak yakin mengapa saya akan melakukan itu di hari normal.

Stylus

Sekarang saya bukan pengguna tablet biasa lagi dan saya belum memiliki 2-in-1 sejak Surface Pro 3, jadi saya tidak terbiasa menggunakan stylus dengan laptop saya saat ini.

Saya menghabiskan beberapa waktu menikmati stylus Yoga C940, melakukan beberapa pengujian dasar di OneNote dan menemukan itu responsif dan sensitivitas tekanan bekerja secara efektif.

Ini menawarkan 4.096 tingkat sensitivitas tekanan yang tepat, yang berarti coretan mimpi buruk yang Anda lihat di OneNote di bagian atas artikel ini sebenarnya seperti apa tulisan tangan saya dan bukan kesalahan stylus.

Anda bisa mendapatkan 130 menit penggunaan aktif.

Sementara saya ingin percaya bahwa itu akan cukup untuk hampir semua orang menulis atau menggambar sesi, 15 detik di silo itu kembali hingga 80% atau 5 menit untuk mendorongnya kembali ke 100%.

Fakta bahwa itu terintegrasi ke dalam laptop pasti mengagumkam karena ketika saya memiliki Surface Pro 3 saya, saya akan lupa pena saya untuk waktu yang lama dan hanya melupakannya secara teratur.

Windows Ponsel Anda

Saya sedang mengerjakan tinjauan yang lebih menyeluruh tentang integrasi Microsoft Windows Your Phone dengan Android (Sahabat Telepon Anda/Your Phone Companion di Play Store), tetapi saya akan membahas beberapa dasar-dasarnya jika Anda belum mengenalnya.

Ada lima fungsi utama yang dapat Anda manfaatkan dengan Ponsel Anda.

  • Foto: ketika dinyalakan, Anda akan dapat melihat 25 foto terbaru dan / atau tangkapan layar yang diambil pada ponsel cerdas Anda di laptop Anda. Sekarang jika Anda menggunakan Google Photos, ini agak tidak perlu, tetapi nyaman dan transfer ke laptop Anda lebih cepat daripada dengan Google Photos jika Anda hanya perlu mengambil satu atau dua foto. 
  • Pesan: Dengan fitur ini, Anda dapat mengirim dan menerima teks dari laptop Anda. Ini berfungsi seperti yang diiklankan dengan saya baik mengirim dan menerima, satu hal yang perlu diketahui adalah tidak membawa isi SMS lengkap Anda, Anda dapat menggulir kembali sekitar sebulan. 
  • Pemberitahuan: fitur ini harus jelas. Pemberitahuan apa pun yang telah Anda siapkan di ponsel Anda akan muncul di laptop Anda. Ini juga berfungsi dengan baik untuk saya, meskipun saya cukup hemat dengan pengaturan notifikasi saya jadi saya benar-benar tidak banyak yang tahu. 
  • Panggilan: menjawab panggilan telepon hp ke Smartphone Anda sekarang dapat dilakukan melalui laptop Anda, sekali lagi bukan sesuatu yang saya bayangkan saya lakukan secara teratur, tetapi jika Anda adalah seseorang yang secara teratur melakukan panggilan Skype atau mengobrol di Discord, ini mungkin sangat cocok. 
  • Lanjutkan di PC: Ini adalah satu hal penting yang dapat Anda lakukan dari aplikasi HP Anda yang diinstal pada ponsel Anda. Ini adalah opsi berbagi di browser handphone Anda yang akan memungkinkan Anda membuang apa pun yang Anda lihat ke browser PC Anda. 

Harga

Dari kualitas bodi, set fitur dan kinerja, Lenovo Yoga C940 adalah perangkat keras kelas atas, menawarkan nilai fantastis pada titik harganya.

Model dasar mulai dari Rp17 Juta, tetapi sering dapat ditemukan dijual.

Lenovo sendiri memilikinya seharga 12 jutaan sekarang. Anda dapat menambah Core i7 dengan 12GB RAM untuk mencocokkan konfigurasi saya untuk (jauh lebih sedikit dari biasanya.

Kedua konfigurasi ini datang dengan 256GB penyimpanan dan opsi penyesuaian tambahan.

Bagian atas dari model 4K dengan 16GB RAM dan 1TB SSD biasanya, tetapi semuanya turun menjadi sekian dengan penjualan Lenovo saat ini.

Jika penjualan Lenovo selesai saat Anda membaca ini atau jika Anda lebih suka menggunakan Amazon, harganya cukup sebanding dengan model saya yang tepat untuk (jadi hanya lebih banyak dari Lenovo dan itu termasuk SSD 512GB versus 256GB.)

Model 4K dengan SSD 512GB untuk sekitar. Saya akan merekomendasikan pilih model untuk bukti masa depan sendiri dengan RAM ekstra dan ruang penyimpanan.

Kesimpulan

Seperti yang saya katakan di awal, saya terkesan dengan Lenovo Yoga C940 sejak mereka mengeluarkannya dan tidak mengecewakan dari sana.

Meskipun saya tidak akan menyarankannya untuk tablet yang sebenarnya, itu adalah opsi melakukan segalanya yang fantastis untuk mereka yang mencari laptop dengan fleksibilitas yang lebih tinggi daripada hanya memiliki layar sentuh.

Jika Anda memiliki kebutuhan kinerja yang sangat canggih atau menginginkan laptop yang benar-benar seringan mungkin, ini tidak akan menjadi jawaban untuk Anda.

Tetapi jika seperti kebanyakan orang yang berada di antara kedua ekstrim itu, Lenovo Yoga C940 memberikan keseimbangan yang solid.