Skip to main content

Review Buku Bincang Akhlak Karya Bang Jek Twitter

Review Buku Bincang Akhlak Karya Bang Jek Twitter

Bincang Akhlak merupakan buku karya Takdir Alisyahbana Ridwan alias bang Jek yang suka recokin trending topik Twitter. Awalnya bermula dari sharing para warganet followers Jek yang berbagi kisah mereka dalam kehidupan sehari-hari menggunakan tagar #BincangAkhlak.

Jek sendiri merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Dalam buku Bincang Akhlak menceritakan perjalanan panjang hidup seorang Jek, mulai dia brojol, masuk kanak-kanak, remaja, sampai di titik ini semua diceritakan melalui bukunya.

Tentu saja ini bukan buku yang membahas soal akhlak sepenuhnya, karena di dalamnya tersisip kalimat bijak disadur dengan kata-kata humor yang masih ada kaitannya sama keseharian kita.

Alkisah, seorang Jek yang diketahui pria yang sangat baik. Dia hobi becanda menggunakan kata-kata lucu, di dalam bukunya ada banyak sekali Quotes bijak bang Jek. Cerita perjalannya didominasi oleh ilmu yang mengajari kita berakhlak baik berdasarkan agama Islam.

Buku #BincangAkhlak bakal memberitahu pembacanya tutorial bagaimana berakhlakul karimah kepada setiap orang yang kita jumpai sehari-hari.

Misalnya, salah satu cuplikan paragraf di buku Bincang Akhlak: "Dulu aku cuek banget sama orang lain, sekarang malah rajin sapa-menyapa, tebar senyuman ke siapa pun karena senyum itu termasuk ibadah."

"...dari kejauhan aku memantau ada sebuah gerobak, aku mengira itu adalah gerobak tukang bubur. Setelah mencoba ku dekati, ternyata benar itu adalah gerobak bubur karena da tulisan "Bubur Ayam", kemudian aku memutuskan memakannya."

".. bang ini bubur ayam ya?" tanyaku terheran.
"IYA" jawab abangnya terlihat sedikit kesal.
".. satu ya bang" lanjutku.
"Bungkus atau disini?" tanyanya.
".. enaknya dimana bang?" ucapku.
"YA ELU MAUNYA MAKAN DIMANA" jawab abangnya, tampaknya kesal.

Ini adalah buku kedua yang gue beli setelah lima tahun, terakhir gue beli buku itu judulnya Martabak Asam Manis punya si Fico Fachriza.

Dengan harga kisaran Rp55-70ribuan, tebal total 233 halaman buku Bincang Akhlak memiliki cover/sampul karikatur Jek sedang menaikki Onta, hingga kini buku tersebut menjadi salah satu yang terlaris, masuk kategori Best Seller Book di berbagai toko buku Indonesia.