--> Skip to main content

Rekomendasi Channel YouTube yang bahas iPhone Indonesia

iPhone menjadi salah satu gadget paling berpengaruh abad 21, perangkat buatan Apple tersebut mengubah industri perponselan dunia berkat inovasi teknologi layar sentuh (Touchscreen). Sejak pertama kali dirilis pada 2009 silam, iPhone menjadi telepon pintar idaman banyak orang.

Rekomendasi Channel YouTube yang bahas iPhone Indonesia

Tak terkecuali di Indonesia, yang bahkan iPhone bekas pakai rilisan 2014 masih sangat laku terjual. Mayoritas merasa dibuat nyaman oleh sistem iOS yang ringan, elegan dan super kencang meski tidak sebar-bar spesifikasi HP Android.

Kita tidak akan membahas lebih jauh keunggulan iPhone, karena pasti kebanyakan dari Anda yang datang membaca artikel ini sudah paham kelebihan/keunggulan menggunakan iPhone baik dari sisi pengalaman penggunaan atau secara penampilan.

Mungkin juga beberapa dari Anda sudah menjadi Apple Fanboy, penggemar berat perusahaan teknologi asal California tersebut. Sehingga, apa pun yang menjadi pembahasan asalkan seputar produk Apple, khususnya iPhone, akan menarik perhatian Anda.

Oleh karena itu, saya akan berbagi saran dan rekomendasi channel YouTube yang membahas seputar iPhone sehingga kita bisa belajar banyak lebih dalam dan tidak ketinggalan informasi terbaru seputar Apple.

1. iTechLife

Channel ini dikelola oleh Indra Surya, seorang Techfluencer yang berfokus menjadi pegiat gadget produk Apple. Saya pertama kali mengetahui nama bang Indra pada 2014, waktu itu sedang mencari referensi sebelum membeli iPhone 5.

Selain menjadi YouTuber dengan nama channel iTechLife, kini Indra juga aktif di Instagram dengan username @indratechlife. Jadi bagi kalian yang ingin menyaksikan lamgsung video pembahasan menarik seputar Apple dan iPhone khususnya, bisa mampir ke channel dia.

2. GadgetIn

Ini salah satu channel review terbaik di Indonesia dengan total subscriber hingga artikel ini dibuat mencapai 3 juta pelanggan. Saya pertama kali subscribe GadgetIn sejak 2016 saat itu dia masih membahas Asus Zenfone 3 Max dan LG X Power yang berakhir pada keputusan saya membeli handphone LG X Power (hp itu masih saya gunakan sampai sekarang).

GadgetIn memang berbeda dari kebanyakan channel Tech Reviewer lain, dikelola oleh David Brendi, channel YouTube GadgetIn jadi yang paling pesat perkembangannya. Pembawaannya agak relatable, mudah dipahami dan selalu memenuhi permintaan Subscribers menjadi salah satu poin yang membawanya hingga ke titik popularitas tinggi. Bahkan  David GadgetIn diundang masuk Podcast Deddy Corbuzier kemarin.

3. DroidLime

Meski dari namanya agak membingungkan, tapi channel ini bukan membahas jeruk nipis yang disiramkan ke HP Android. DroidLime juga satu angkatan sama Sobat HAPE, GadgetIn, Putu Reza, Obat Gaptek, Juragan Tekno dan Bang Ripiu.

Sederhana dan ringkas, merupakan ciri khas konten yang diproduksi oleh DroidLime. Apalagi tidak jarang diwarnai juga dengan kehadiran bidadari cantik yang berposisi sebagai reviewer ketika mengulas sebuah ponsel.

Channel YouTube DroidLime nggak cuma bikin video soal Android, tapi juga OS lain seperti iOS. Bahkan salah satu video vloh mereka yang rela ke Singapura hanya demi mendapatkan iPhone 11 Pro Max sempat populer.