Skip to main content

Layanan Nintendo Zone dan 3DS Station resmi dihentikan


Dalam apa yang bisa disebut sebagai pukulan signifikan bagi komunitas 3DS, Nintendo mengumumkan pagi ini pada tanggal 3 Februari bahwa mereka akan menghentikan dukungan untuk Zona Nintendo dan Stasiun 3DS yang tersisa di seluruh Jepang.

Mereka menghentikan dukungan di Amerika Utara beberapa tahun yang lalu karena minat rendah, namun, mereka tetap kuat di Jepang dan pemain dapat memperoleh konten eksklusif dari lokasi ini untuk beberapa waktu.

Nintendo Zone, bagaimanapun, tidak terbatas pada perangkat 3DS atau DS, karena Nintendo Switch juga dapat berpartisipasi dalam kesenangan.

Nintendo terus membuat pernyataan bahwa Switch tidak menggantikan Nintendo 3DS, namun dengan situasi seperti ini, agak sulit untuk mempercayainya.

Ini hanya sebentar lafi untuk 3DS dan hari-hari terakhirnya sebelum layanan tutup bisa di antara kita lebih cepat daripada nanti.

Untuk perangkat genggam, masa pakai 9 tahun cukup luar biasa dan menyaingi konsol set-top box lengkap jika benar-benar berada di jalan keluar.

Pengumuman resmi Nintendo menyatakan bahwa layanan ini akan berakhir di semua lokasi dan juga lokasi Pokémon Center yang berlaku 28 Februari.

Secara pribadi, saya tidak pernah memiliki kesempatan untuk menggunakan layanan Nintendo Zone ketika saya tinggal di Amerika Serikat atau di Jepang.

Sejauh 3DS Station, saya tidak berpikir saya pernah menggunakannya.

Apa pun itu, rasanya 3DS didorong ke samping dengan kesuksesan luar biasa yang telah terpantau oleh Switch.

Sekarang setelah Nintendo menghentikan layanan Nintendo Zone dan 3DS Station, hanya masalah waktu sebelum Nintendo memutuskan untuk menarik steker pada sistem itu sendiri dan memfokuskan semua upaya mereka pada Nintendo Switch.

Ini adalah evolusi yang jelas dan perlu, tetapi itu tidak berarti bahwa kita harus menyukai keputusan itu.