--> Skip to main content

Kenapa Huawei Tidak Mau Gunakan Layanan Google Lagi?

Kenapa Huawei Tidak Mau Gunakan Layanan Google Lagi?

Sejak peluncuran seri Huawei Mate 30, Huawei belum menggunakan Google Play Services (GMS).

Ini karena larangan perdagangan saat ini di mana Huawei tidak diizinkan untuk melakukan bisnis dengan perusahaan AS, termasuk Google.

Karena itu, Huawei telah beralih ke alternatif dan sedang mengerjakan serangkaian layanannya sendiri untuk menggantikan Google.

Jadi pertanyaannya adalah, haruskah hari itu datang ketika larangan perdagangan dicabut, akankah Huawei melanjutkan bisnis mereka dengan Google lagi?

Anda akan berasumsi begitu, tetapi ternyata bukan itu masalahnya.

Ini menurut manajer Huawei negara Austria Fred Wangfei di mana ia mengatakan bahwa perusahaan ingin mendapatkan kemerdekaannya dan bebas dari politik Amerika Serikat.

Ini karena tidak ada yang tahu apakah perang dagang lain mungkin terjadi lagi, dan Huawei terperangkap di tengahnya, lagi.

Karena sepenuhnya masuk akal, dan itu juga berlaku tidak hanya untuk AS, tetapi juga untuk negara-negara lain, di mana Huawei semakin mandiri, semakin tidak bergantung mereka pada orang lain di masa depan.

Plus, berdasarkan pada berapa banyak ponsel yang Huawei telah berhasil jual, bahkan pada tahun 2019 belum tentu menjadi tahun yang hebat bagi mereka, tampaknya pelanggan Huawei sebenarnya tidak terlalu khawatir tentang kurangnya Layanan Google Play di ponsel mereka.

Tentu saja, jika Huawei pernah beralih ke sistem buatannya sendiri, itu akan menjadi cerita yang sama sekali berbeda.

Tetapi untuk saat ini, tampaknya Huawei tidak terburu-buru berlari kembali ke pelukan Google.

Huawei juga sejak itu memberikan pernyataan yang berbunyi: “Ekosistem Android terbuka masih menjadi pilihan pertama kami, tetapi jika kami tidak dapat terus menggunakannya, kami memiliki kemampuan untuk mengembangkannya sendiri.”