Skip to main content

Apple produksi iPhone 9, kapan masuk ke iBox Indonesia?


kapan

Apple dikabarkan akan meluncurkan penerus iPhone SE pada paruh pertama tahun 2020, dan mungkin pada akhirnya akan menjadi iPhone 9 namanya. Sekarang, berita yang muncul dari pabrik Foxconn menunjukkan bahwa Apple telah memulai uji coba produksi iPhone mendatang yang ditargetkan terutama pada kemunculan pasar seperti India.

Sesuai lansiran Kibezaka, yang mengutip orang dalam industri dari rantai pasokan, produksi percobaan iPhone 9 telah dimulai. Selain itu, produksi massal iPhone yang katanya murah mendatang akan disebut-sebut akan dimulai pada pertengahan Februari.

Laporan tersebut lebih lanjut menyatakan bahwa iPhone 9 akan diluncurkan pada bulan Maret tahun ini, yang sejalan dengan rumor sebelumnya juga. iPhone 9 dikatakan sangat mirip dengan iPhone 8 Plus, tetapi akan mengemas chip baru A13 Bionic dan perangkat keras kamera yang ditingkatkan.

ihone SE dari 2016 adalah ponsel rinvan pertama Apple dan versi baru yang disebut iPhone 9 atau iPhone SE 2 mungkin akan keluar musim semi ini. Waktunya tidak bisa datang lebih cepat, karena rumor iPhone 9 telah meresap selama beberapa tahun.

Itu karena ketika iPhone SE asli diumumkan, itu adalah kejutan besar. Dulu keluar enam bulan setelah peluncuran iPhone 6S dan 6S Plus dengan spesifikasi yang sama, tetapi memiliki panggilan balik dari 5S 5c 5 yang indah. Ketika iPhone SE mulai dijual, Apple kesulitan memenuhi permintaan.

Selama setahun terakhir, orang berharap untuk perangkat yang sama dan rumor ada di mana-mana. Seseorang mengatakan bahwa iPhone 9 akan memiliki Face ID, dan yang lain mengatakan itu tidak akan ada.

Sementara desas-desus bahwa iPhone SE 2 akan memiliki layar 4,7 inci, sementara yang lain menunjukkan itu memiliki layar 5,4 inci. Beberapa rumor menyebutnya iPhone SE 2 dan yang lain menyarankan iPhone 9, mengisi angka yang dilewati Apple dari iPhone 8 ke iPhone X.

Rumor terbesar adalah bahwa ponsel baru akan memiliki desain bodi mirip iPhone 8, dengan prosesor dan RAM A13 Bionic sama seperti iPhone 11. Untuk menyelam lebih dalam pada semua rumor, periksa pengumpulan kabar yang telah kami rangkum tentang iPhone 9 (atau iPhone SE 2).

Agar iPhone 9 menjadi sukses, ia perlu merebut kembali sebagian dari mojo asli iPhone SE tersebut. Dengan iPhone XR dan 11, Apple membuktikannya dapat membuat ponsel penuh dengan nilai.

Namun dengan fokus Apple pada layanan seperti Apple Arcade dan Apple TV Plus, waktunya tidak bisa lebih sempurna untuk iPhone 'terjangkau', apakah itu disebut iPhone 9 atau iPhone SE 2.

Mari kita kembali ke tahun 2016 dan meninjau kembali mengapa iPhone SE begitu sukses. iPhone SE berharga Rp5-6 jutaan, harga terendah untuk iPhone "baru" apa pun. Bahkan empat tahun lalu itu masih murah untuk Apple, mengingat iPhone 6S baru mulai dijual dari 8-9 juta.

Sementara " iPhone SE" pastinya berarti "edisi khusus" bagi banyak orang, itu berarti "edisi kecil." Setahun sebelumnya, Apple merilis iPhone 6 dan 6 Plus, dan pada saat itu mereka adalah iPhone terbesar yang pernah ada.

Sebagai perbandingan, iPhone SE benar-benar kecil, dan pecinta telepon kecil menjadi terpikat secara instan. Mungkin alasan terbesar di balik kesuksesan iPhone SE, bagaimanapun, adalah kompromi cerdas yang dibuat Apple. Seperti 6 dan 6S, iPhone SE tidak memiliki stabilisasi gambar optik.

Itu juga tidak memiliki 3D Touch juga. Tetapi mengingat ini, Anda masih tidak merasa seperti mendapatkan telepon dengan "teknologi tahun lalu" atau yang berumur dua tahun.

iPhone SE dapat menjalankan iOS 9, sama seperti 6S dan 6S Plus yang lebih mahal, dan mengambil foto serupa. Namun, orang-orang rela berkorban pada beberapa fitur untuk mendapatkan ponsel dengan bentuk kecil yang familier dan harga murah.

Agar iPhone SE baru menjadi menarik bagi pelanggan seperti ketika yang pertama diluncurkan, Apple membutuhkan harga yang menarik, ukuran kecil dan kompromi cerdas. Itu berarti iPhone 9 harus berada di bawah harga 5 juta yang sama.

Saya menyadari bahwa harga Smartphone flagship telah meningkat sejak 2016, tetapi pada saat yang sama telepon terjangkau telah keluar yang dapat diperoleh dengan harga kurang dari 4 jutaan atau bahkan kurang dari 3 juta.

iPhone 9 baru harus lebih kecil dari keluarga iPhone 11 saat ini, sehingga layar yang 4,7 inci, seperti pada iPhone 8 atau bahkan 5,4 inci (seperti yang dikabarkan) masih akan lebih kecil dari layar 5,8 inci pada 11 Pro, yang merupakan iPhone terkecil saat ini tersedia. Sebagai referensi, iPhone SE asli memiliki layar 4 inci.

Apple juga perlu membuat kompromi yang cerdas. Sebagai contoh, menambahkan prosesor A13 Bionic akan bijaksana, dan saya akan bersedia untuk memakai perangkat dengan iPhone 4 jutaan jika hanya memiliki satu kamera belakang daripada dua yang ditemukan pada 11 atau tiga di belakang 11 Pro Max.

Trik Apple iPhone SE diadaptasi oleh Android. Apple belum menjual iPhone SE selama hampir satu setengah tahun. Selama waktu itu pembuat telepon lain menggunakan trik perilisan telepon versi terjangkau yang serupa untuk membuat ponsel Android yang meyakinkan. Salah satu ponsel beranggaran terbaik yang pernah saya gunakan adalah Moto G7, yang harganya 3 jutaan.

Ini memiliki pelindung layar Gorilla Glass 3, desain bezel kecil modern dan menjalankan versi Android yang ringan dari Motorola.

Itu tidak memiliki kamera terbaik, layar refresh rate yang tinggi atau prosesor unggulan. Tapi itu adalah trade-off pintar yang dilakukan Motorola untuk mencapai harga yang sangat rendah.

Tahun lalu, Google merilis Pixel 3A. Itu memiliki kamera yang sama yang ditemukan pada Pixel 3 dan 3 XL, yang bahkan sekarang masih menjadi salah satu kamera terbaik untuk fotografi di ponsel apa pun.

Google menambahkan baterai yang sedikit lebih besar tetapi desainnya tetap sederhana. Jelas ada pengorbanan. Bahan bagian beoakang itu jelas plastik dan tidak memiliki pengisian nirkabel atau tahan air. Baik Pixel 3A dan Moto G7 adalah ponsel luar biasa yang mewakili kategori HP versi terjangkau yang menyaingi fitur pada perangkat andalan.

Jika Anda membuka situs web Apple, iPhone baru "termurah" yang dapat Anda beli adalah iPhone 8 seharga 6-7 jutaan. Itu cukup bagus ketika iPhone Apple mulai digunakan, tetapi itu tidak mengubah fakta bahwa Anda mendapatkan ponsel yang dirilis pada 2017.

Pada tahun-tahun buat ponsel, itu sudah cukup lama. Orang yang mencari pengalaman iPhone dengan anggaran terbatas harus melakukan trade-off yang cukup besar dengan berada di belakang tiga generasi.

Di situlah iPhone 9 bisa masuk dan menyelamatkan reputasi. Sekalipun memiliki ukuran yang sama dengan 8, iPhone 9 dikemas dengan prosesor dari iPhone 11 dan 11 Pro Max akan berarti pembeli akan dapat bertahan lebih lama menggunakan iPhone 9 atau SE 2.