--> Skip to main content

Cara mengatasi Xiaomi tidak bisa mirroring ke head unit

Tips memperbaiki screen HP Xiaomi tidak bisa mirroring dan mirrorlink ke head unit. Jika sobat mengalami kendala ketika miracast yaitu peer-to-peer screencasting tanpa harus menggunakan kabel melalui wi-fi direct pada Smartphone redmi & mi series, maka berada di artikel yang tepat.

Cara mengatasi Xiaomi tidak bisa mirroring ke head unit

Permasalahan ini awalnya dialami oleh seorang pengguna di forum Mi. Dia bilang ponsel sudah dilakukan USB Debugging setelah mengaktifkan mode developer namun tetap gagal mirroring Xiaomi ke head unit mobil. Padahal hp yang lain bisa dan berfungsi normal memunculkan tampilan sesuai yang diinginkan.

Ia mencoba mirroring pakai headunit tipe Mirai 6931. Saya merekomendasikan pakai merk AVI 1600ds karena selain banyak kelebihan juga cepat terhubung & terkoneksi tanpa kendala, tidak jauh perbedaan dengan Oris AIO 2650H.

Tapi sepertinya kasus masalah gagal mirroring ke head unit pada Xiaomi memang mulai bermunculan sejak pembaruan MIUI 10 update. Apakah fitur ini sudah dihapus perlahan oleh pihak vendor? Mungkin iya.

Sayangnya mayoritas yang bermasalah Mirroring karena metode tersebut harus mengandalkan jaringan wifi. Sementara MirrorLink masih bisa diakali kalau melalui kabel USB, saat ini head unit pada kendaraan mobil kebanyakan memakai koneksi USB.

Lucunya adalah, produk lama seperti Redmi Note 3 Pro, Mi4i, itu semua masih berfungsi normal seperti sediakala. Tapi device yang lebih canggih mengapa sulit sekali? Ini terjadi sejak era Mi5c atau Xiaomi Mi A1, handphone tersebut tidak bisa digunakan ke head unit.

"Contoh punya saya, Samsung J7 Prime bisa normal. Lha kok di hp Mi 8 Lite dan Redmi Note 8 Pro malah nggak support pakai ke head unit. Tersambung sih iya terdeteksi tapi tampilan tidak berguna itu gak fungsi lagi." tulis seorang pengguna bernama Aris.

Sudah cek settingan sana-sini masih tetap tidak bisa. Ada yang menduga pada pembaruan Android Nougat ke atas memang Google menutup sementara akses head unit, tapi tidak sedikit yang melontarkan komplain ke Xiaomi dan mengira penyebabnya berasal dari update MIUI 10 ke atas.