--> Skip to main content

Apakah realme C3 tahan air dan anti debu? Tes yuk!

Apakah realme C3 tahan air dan anti debu? Tes yuk!

Uji coba apakah realme C3 sudah support waterproof / water resistant yaitu tahan air dan anti debu. Setelah peluncuran Realme C2 yang sukses sebagai perangkat Smartphone termurah mereka, Realme telah meluncurkan varian lain - Realme C3 yang baru.

Handphone ini sudah mendapatkan begitu banyak perhatian di pasar ponsel karena fitur-fiturnya yang keren canggih dan desain yang menarik. Realme dikenal karena membuat smartphone tahan air yang ramah kantong.

Jadi pelanggan mengharapkan Realme C3 baru akan datang dengan sertifikasi Waterproof. Namun, sulit untuk menggabungkan desain tahan air dalam HP sejutaan sesingkat itu.

Karena banyak pengguna yang menuntut untuk mendapatkan tes anti air sesungguhnya pada perangkat Realme C3. Jadi hari ini kita akan membuat Realme C3 untuk fitur anti percikan air, debu dan tahan air. Setelah melakukan uji tahan air Realme C3, kita akan tahu apakah HP ini dapat bertahan dalam air atau tidak.

Apakah Realme C3 Tahan Air dan Anti Debu

Untuk setiap ponsel agar tahan air, ia harus memiliki sertifikasi IP Rating khusus tahan air. IP Rating adalah standar internasional yang digunakan untuk menentukan tingkat efektivitas penyegelan smartphone modern.

IP Rating ini disajikan dalam bentuk IP, diikuti oleh dua angka. Realme sebelumnya telah meluncurkan perangkat 5i dan 5 Pro dengan desain anti air. Kami telah melakukan uji tahan air Realme 5i jika Anda ingin tahu lebih banyak.

Peringkat IP68 adalah yang terbaik yang bisa dimiliki smartphone. Namun, penting untuk dicatat bahwa pengujian IP ini dilakukan terhadap air tawar.

Jadi, Anda mungkin berakhir dengan hasil yang sedikit berbeda terhadap air asin atau cairan lain seperti minuman ringan.

Setelah memeriksa situs web resmi Realme, kami tidak dapat menemukan peringkat waterproof IP67 atau IP68 untuk perangkat ini.

Sehingga kesimpulan pada titik ini, belum dikonfirmasi apakah Realme C3 baru ini tahan air atau tidak. Kami akan melanjutkan dengan uji tahan air Realme C3 kami untuk mengonfirmasi hal yang sama.

Spesifikasi Kecanggihan Realme C3

Realme C3 adalah HP sejutaan yang diluncurkan pada Februari 2020. Perangkat ini memiliki layar sentuh 6,52 inci besar dengan resolusi 720 x 1600 piksel.

Realme C3 ditenagai oleh prosesor octa-core MediaTek Helio G70 ditambah dengan memori 3GB RAM. Dilengkapi dengan baterai besar yang tidak dapat dilepas 5000 mAh dan mendukung pengisian cepat Fast Charging 10 Watt by Qualcomm Quick Charge.

Sejauh ini menyangkut kamera, Realme C3 di bagian belakang mengemas kamera utama 12 megapiksel, kamera 2 megapiksel kedua untuk pengindraan dalam (Depth-sensor).

Pengaturan kamera belakang memiliki autofokus deteksi fase. Untuk penggemar selfie, kamera depan 5 MP tentu sudah disematkan. Opsi konektivitas pada Realme C3 termasuk Wi-Fi 802.11 b / g / n, GPS, Bluetooth v5.00, USB OTG, Micro-USB, radio FMWi-Fi Direct, konektivitas 3G, dan 4G tersedia.

Tes Coba Realme C3 Waterproof

Karena Realme C3 yang baru tidak memiliki peringkat kedap air IP68 yang resmi, ia tidak dapat dianggap sebagai perangkat tahan air.

Namun, mungkin juga tahan air gerimis danpercikan hujan saja. Jadi dalam pengujian kami, kami akan menguji apakah perangkat dapat menahan diri di bawah uji tahan air dan debu.

Peringatan! Hasil tes tahan air di bawah ini murni berdasarkan pada pengamatan individu / tim. Tes ini hanya akan memberikan gambaran apakah suatu perangkat kedap air atau tidak.

Kami menyarankan pengguna untuk tidak mencoba tes ini di rumah, karena dapat merusak perangkat realme C3 Anda. Setelah melakukan uji tahan air, perangkat tampaknya berfungsi secara normal tanpa tanda-tanda kerusakan besar.

Namun, ada blur seperti embun di lensa kamera belakang yang menunjukkan bahwa air telah masuk ke dalam perangkat.

Jadi realme C3 bukan perangkat yang tahan air. Tapi tahan cipratan sampai batas tertentu. Ketika dilakikan tes tahan debu, perangkat tidak memiliki masalah apa pun. Pengguna dapat menggunakan perangkat ini dengan mudah di lingkungan yang berdebu tanpa merusak port I / O.

Kesimpulan 


  • Nama Perangkat: Realme 3C 
  • Tahan air: Tidak 
  • Splashproof: Ya (sampai batas tertentu) 
  • Tahan debu: Ya 

Setelah melakukan uji tahan air dan anti debu Realme C3, kami sampai pada kesimpulan bahwa perangkat ini tidak resmi tahan air yang dicelupkan. Namun dengan desain barunya perangkat ini masih tahan cipratan gerimis saat hujan. Dan pengguna dapat menggunakan perangkat ini tanpa kerusakan air jika minuman kopi atau jus tumpah ke hp.