--> Skip to main content

Gaji Member CGM48, Berapa Bayaran Sebulan?

Gaji Member CGM48, Berapa Bayaran Sebulan?

Penghasilan memang menjadi perhatian khusus kepada para figur publik yang beredar di seluruh dunia saat ini. Baik artis jagat hollywood, penyanyi dengan label rekaman paling keren, influencer media sosial seperti YouTuber dan Selebgram kerap membuat penasaran masyarakat khususnya warga sekitar alias followers dan fans mereka. Lalu berapa gaji member CGM48 per bulan dan dari mana sumber pendapatan mereka, bagaimana sistem bayaran tiap anggota dibayarkan.

Disini tim Kibezaka mencoba menelusuri perbedaan antara sistem pembayaran honor member DEL48 Delhi, MUB48 Mumbai, AKB48, Nogizaka46 Sakamichi Series, Keyakizaka46, BNK48 hingga grup lokal JKT48. Sebab pasti sobat wota juga dibuat bingung karena mengingat jumlah personil mereka sangat banyak.

Produser Yasushi Akimoto pernah mengungkapkan secara blakblakan ketika berlangsungnya wawancara bersama majalah bisnis mingguan di Tokyo, Nikkei Business, bagaimana pihaknya membayar gaji member AKB48 Group selama mereka masih aktif sebagai anggota.

Pria senior yang akrab disapa Aki P tersebut mengatakan, bahwa AKS (manajemen yang menaungi AKB), saat ini sudah lebih mudah dalam mengatur keuangan internal. "Kami belajar dari masa lalu, sekarang semuanya sudah mulai teratur dan terjadwal. Tidak membingungkan dan merepotkan bagian keuangan seperti sepuluh tahun silam." ujarnya.

Dekade memang telah berganti ke 2020, AKS menggunakan sistem berdasarkan popularitas member (Based on Popularity), nah populer atau tidaknya seorang personil grup itu banyak faktor penentunya.

Misalnya, Okada Nana anggota AKB48 Team 4 yang juga menjabat sebagai kapten STU48 (Kennin Status). Mengapa? Gue juga nggak tahu pasti alasannya, yang jelas Naachan itu salah satu member senior, dianggap memiliki karisma dan jiwa kepemimpinan yang baik.

Otomatis gaji dan bayaran Nana Okada akan lebih tinggi dibanding member yang cuma berada di satu grup. Itu pun karena pekerjaan Naachan lebih berat bulak-balik regional Setouchi - Tokyo untuk menuntaskan tugasnya.

Jadi kesimpulannya, iAM Management (dulunya BNK48 Office) selaku manajemen dan pengelola mengatakan bahwa CGM48 digaji sesuai sistem pemerintah Thailand "Based On Region" atau istilahnya di Indonesia seperti menerapkan UMR. Itu sama rata nilai bayaran terendah untuk seluruh anggota.

Tapi mereka menambahkan, gaji member CGM48 bisa saja naik dan lebih tinggi karena ya itu tadi semua tergantung pada popularitas. Member populer kadang dapat pekerjaan tambahan seperti tampil di televisi, jadi model cover majalah, ditunjuk sebagai brand ambassador dan lain sebagainya.