--> Skip to main content

35 Fakta Vernalossom AKB48 Pengganti AKS

35 Fakta Vernalossom AKB48 Pengganti AKS

1. Vernalossom Verna Rossum merupakan nama baru perusahaan AKS Corp yang sebelumnya menaungi AKB48 Group.

2. AKS adalah Vernalossom, begitu juga sebaliknya. Cuma ganti nama namun orang-orangnya tetap sama atau gantian posisi jabatan saja.

3. Menurut blog Akihabara48, Vernalossom melepas kendali 48 Family di Jepang. Tapi tetap memonitor bisnis sister group AKB48 di luar negeri, termasuk menjadi bagian yang menjalankan bisnis IZ*ONE di Jepang.

4. Meski mereka punya manajemen sendiri, tapi BNK48 (Bangkok) - CGM48 (Chiang Mai) - DEL48 (Delhi) - MUB48 (Mumbai) - MNL48 (Manila) - SGO48 (Saigon) - JKT48 (Jakarta) - Team TP (Taipei) dan Team SH (Shanghai) harus menaati pertimbangan Vernalossom.

5. Arti nama Vernalossom diambil dari kombinasi dua kata Vernalisation dan Blossom yang artinya atau memiliki makna "Blooming in Spring".

6. Yasushi Akimoto awalnya sempat tidak setuju dengan petinggi yang berniat rebranding jadi Vernalossom, namun kejadian beberapa waktu belakangan termasuk kasus Yamaguchi Maho dan dugaan keterlibatan AKS di skandal manipulasi voting Produce 48 membuat keputusan ini mutlak.

7. Dalam pengelolaannya, eksekutif Vernalossom yang sebelumnya bekerja di AKS akan menjadi direktur utama tiga grup yang terpisah.

8. Tiga grup tersebut adalah AKB48 (Akihabara), HKT48 (Hakata) dan NGT48 (Niigata).

9. Setelah lepas Vernalossom, Kazuki Uchimura akan diberi jabatan direktur AKB48 Corp yang memegang kuasa atas kendali bisnis AKB. Harumasa Maeda menguasai HKT48, sementara Okada Tsuyoshi dipercaya untuk menjalankan NGT48.

10. Tahukah Anda kalau Uchimura Kazuki juga menjadi CEO Osare Company, sebuah perusahaan yang dibentuk sejak 2005 menangani semua pasokan seragam/isshou/seifuku/kostum khusus AKB48 Group.

35 Fakta Vernalossom AKB48 Pengganti AKS

11. Mantan direksi Vernalossom Uchimura dari Osare pernah menyatakan perusahaannya kini jadi pemasok kostum idol group terbesar di Jepang.

12. Osare Company pernah tersandung kasus monopoli dengan menghalangi dan menjatuhkan perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama, namun sayangnya skandal tersebut lenyap tanpa kejelasan hukum. Vernalossom pernah diseret namanya ke pengadilan atas dugaan keterlibatan tersebut.

13. Yoshinari Natsuko masih memegang kendali semua Vernalossom, artinya, sekali lagi tidak akan ada perbedaan kecuali nama baru.

14. Tabloid Shukan Bunshun pernah membongkar skandal keterliban perusahaan Vernalossom dengan anggota Yakuza untuk kasus pencucian uang.

15. Pengamat bisnis menilai pergeseran posisi jabatan dan ganti nama dari AKS ke Vernalossom merupakan strategi untuk mengelola keuangan yang lebih jelas, terstruktur, sistematis. 

16. Pemisahan AKB HKT NGT dari manajemen Vernalossom (AKS) dengan bikin anak perusahaan sendiri cuma buat memisahkan keuangan.

17. Soal finansial setiap grup akan menjadi tanggungjawab masing-masing anak perusahaan Vernalossom, jadi apabila salah satu diantara mereka mengalami kerugian tidak akan berdampak perusahaan induknya yang selama ini terbebani.

18. Walau semua grup saudari AKB48 di luar negeri memiliki manajemen sendiri, namun untuk perilisan dan keputusan lain-lain harus mendapatkan persetujuan Vernalossom. Pokoknya masih sama seperti era AKS, hanya berubah nama.

19. Kisah AKS (Vernalossom) lepas dari kuasa Yasushi Akimoto terjadi lima tahun sejak berdirinya AKB48. AkiP bersama perusahaan yang didirikannya yakni 48 Office kebingungan mendapatkan finansial sementara kegiatan harus tetap berjalan, dan biaya membayar gaji member yang jumlahnya semakin banyak.

35 Fakta Vernalossom AKB48 Pengganti AKS

20. Yoshimoto Kyoraku Holdings (Vernalossom) yang berperan sebagai investor kemudian datang seolah jadi penyelamat AKB48 Group dari hal buruk, yakni pembubaran. Ya, AKB nyaris bubar kala itu.

21. Disinilah semuanya berubah, Yasushi Akimoto terpaksa merelakan jabatannya. AkiP masih beruntung karena tetap dipercaya menjadi penulis lirik lagu dan produser musik, hanya itu tugas dan posisinya. Untuk urusan bisnis, keuangan, dan lainnya semua dikelola pejabat Vernalossom.

22. Dalam sebuah wawancara dengan salah satu media Jepang kala itu Akimoto Yasushi mengatakan kalau dia akan melakukan apa pun demi mempertahankan eksistensi AKB48. Termasuk disingkirkan dari dewan eksekutif Vernalossom / AKS.

23. Meski berganti nama dan perubahan jabatan, tapi Yasushi Akimoto akan tetap dipertahankan oleh Vernalossom sebagai produser. Kabarnya AkiP dikontrak hingga tahun 2023, padahal rumor berhembus sejak 2019 bahwa posisi Aki-P akan digantikan dengan yang lain.

24. Mungkin Anda penasaran dengan posisi Yasushi Akimoto di Sakamichi Series? Tidak berbeda, dia tetaplah produser musik saja. Karena setiap grup Zakamichi punya manajemen masing-masing Nogizaka (Nogizaka46 Ltd), Keyakizaka46 (Seed & Flower), Hinatazaka46 (Vernalossom),  Yoshimotozaka46 (Yoshimoto Kogyo).

25. SKE48 sudah dijual ke KeyHolder, STU48 dikendalikan oleh Setouchi DMO, sementara NMB48 sejak lama dibeli Yoshimoto Kogyo. Vernalossom tadinya hanya menguasai AKB48, HKT48, dan NGT48 namun ketiga grup itu juga akan punya perusahaan masing-masing.

26. Rumor pergantian ke Vernalossom mencuat setelah nama AKS disebut dalam persidangan skandal penyerangan Yamaguchi Maho. Mahohon sudah mempublikasikan bukti audio rekaman.

27. Sebuah klausul kontrak Vernalossom diketahui bocor dan menyebut siapa pun atau perusahaan mana saja yang bergerak di bidang musik dan melibatkan hak cipta AKB48 Group di Jepang harus mengontrak Yasushi Akimoto sebagai produser musiknya. Semua grup Sakamichi dan 48 Family di negeri Sakura saat ini diproduseri AkiP.

28. Belum diketahui apakah Aki-P bakal digantikan oleh yang lain setelah kontrak kerjanya bersama Vernalossom habis pada 2023 mendatang. Tapi yang jelas, dia tidak akan selamanya bekerja jadi produser.

29. Idol group Equal Love (=LOVE) dan Not Equal ME ( ≠ME) yang diproduseri Sashihara Rino saat ini pun dikendalikan Vernalossom untuk bisnisnya.

35 Fakta Vernalossom AKB48 Pengganti AKS

30. Bisnis baru Vernalossom dimulai musim semi 2020, tanpa mengesampingkan 'jatah' yang mereka dapat dari sister group luar negeri.

31. Kuartal kedua tahun 2019 Yoshikawa Keiichi membongkar bahwa rekan Aki-P yang juga seorang investor ingin mengambil alih AKS dan membeli semuanya kembali. Namun presiden Vernalossom yakni Yoshinari Natsuko menolak keras untuk menjual perusahaannya.

32. Vernalossom menjalankan segmen AKB Shinbun di media Sponichi Anex, mereka mencoba memutarbalikkan fakta mengenai skandal penyerangan terhadap Yamaguchi Maho, dengan menuduh Mahohon memiliki ikatan dan keterkaitan kuat sama pelaku.

33. Ketika ada karyawan Shukan Bunshun yang tertangkap kamera oleh fans sedang berkencan dengan member 48 Group, Vernalossom seolah menutupi kasus tersebut.

34. Vernalossom diketahui bekerjasama dengan beberapa media, termasuk Shukan Bunshun untuk membongkar skandal kencan member AKB48 Group yang kemudian dijadikan diketahui merupakan bagian dari strategi bisnis kedua belah pihak sejak 2011.

35. Menurut tabloid Shukan Shincho menyatakan bahwa ada dugaan kuat Vernalossom dan sejumlah perusahaan industri hiburan musik lain mendapatkan backingan besar dari kelompok Yakuza hingga sekarang.