Skip to main content

100 Fakta Redmi 8A dan Trik Rahasia Xiaomi

1. Xiaomi Redmi 8A dibanderol dengan harga 1,4 juta rupiah untuk varian RAM 2GB dan ROM 32GB dan cuma tersedia satu versi saja, tidak ada yang lebih tinggi dari itu, atau ada tapi Redmi 8.

2. Redmi 8A bisa kalian beli di marketplace online Lazada, Tokopedia, Bukalapak, JD.id, Shopee, Blibli, Erafone Store/Eraspace, dengan harga bervariatif tergantung penjual, carilah yang paling murah tapi masuk akal dan terdekat dari lokasi Anda.

3. Menurut Xiaomi, Redmi 8A bisa 8-9 jam jika digunakan rata-rata keseharian menurut riset pemakaian handphone orang Indonesia sudah termasuk main game, nonton film, dengerin musik, streaming YouTube, chatting dan browsing.

4. Jika membeli Redmi 8A kalian akan mendapatkan perangkat Smartphone berkapasitas baterai 5000 mAh.

5. Xiaomi Redmi 8A sudah mendukung fitur fast charging (Quick Charge 3.0 / 18 Watt), tapi dalam paket penjualan kamu hanya dibeirkan adaptor bawaan 10W.

6. Agar bisa menikmati pengisian daya cepat Redmi 8A kamu wajib beli charger tambahan, merknya bebas sesuai selera asalkan harus sesuai spesifikasi yakni USB Type-C dan 18W.

7. Total Screen on Time Redmi 8A bisa mencapai 9 jam jika pemakaian kasual seperti menjelajahi internet, buka media sosial, obrolan chat.

8. Berapal lama cas batre? Ponsel ini memakan waktu 3 jam untuk mengisi baterai dari kondisi 15% hingga penuh 100% Full.

9. Baterai Xiaomi Redmi 8A bersifat non-removable yang melekat dengan bodi HP, tidak bisa dibuka dan diganti sembarangan oleh pengguna sendiri.

10. Kalian harus berhati-hari jika memainkan Smartphone Redmi 8A ketika sedang dicas, mainin handphone tersebut saat diisi ulang akan menghambat proses charging jadi lebih lama dan kalau buat main game bisa tambah parah yakni suhu meningkat signifikan mencapai 41 derajat celcius.

100 Fakta Redmi 8A dan Trik Rahasia Xiaomi

11. Beli Redmi 8A yang garansi resmi, jika baterai rusak dan bermasalah akan diperbaiki secara gratis di pusat perbaikan Xiaomi Indonesia.

12. Apabila kalian merasa baterai Redmi 8A boros, cepat habis, panas / overheat, dan terjadi berulang kali, maka sebaiknya melakukan pergantian komponen batre demi kenyamanan penggunaan.

13. Kamu harus waspadai masalah Redmi 8A pada baterai, jika rusak itu akan berdampak buruk dan menyebabkan komponen lain pada Smartphone bakal ikut bermasalah seperti layar mengembang / terangkat.

14. Jenis baterai perangkat Redmi 8A adalah Li-Po (Lithium Polymer), batre berjenis ini butuh perhatian lebih dibanding Li-ion, NiCd dan NiMH. Jangan charge lebih dari 10 jam.

15. Gunakan timer colokan yang memiliki waktu otomatis akan berhenti berjalan ketika waktunya diatur misalnya setelah 3-4 jam maka akan berhenti proses chargingnya demi menghindari overcharge.

16. Kualitas baterai jenus Li-Po ditentukan berdasarkan charger. Maka, gunakanlah casan original bawaan kotak penjualan Xiaomi Redmi 8A.

17. Menurut GSMArena, Redmi 8A dapat dijadikan powerbank yang bisa mengalirkan daya baterai ke Smartphone lain baik satu merek atau berbeda.

18. Redmi 8A jadi device Androud terlaris sepanjang bulan Januari 2020 di sejumlah e-Commerce tanah air.

19. Pengguna Redmi 8A adalah calon atau orang sukses, kata Xiaomi.

20. Desain Redmi 8A terbuat dari bahan plastik di bodi belakang dan frame, kalau bagian depan menggunakan kaca.

21. Tombol volume up, vol down dan power di Redmi 8A berada di sisi kanan body ponsel.

22. Bagian belakang desain Redmi 8A menampilkan satu buah lensa kamera dan lampu LED Flash. Di bawahnya ada logo Redmi dengan warna spesifik merah krem memanjang ke arah bawah.

23. Sementara untuk bagian depan, Redmi 8A masih menggunakan logo Redmi di bawah dekat dagu. Untuk urusan poni masih ada dan dipertahankan dengan baik, bentuknya Waterdrop Notch, kalau Samsung bilangnya Infinity V.

24. Xiaomi rilis Redmi 8A pertama kali di China pada Septembed 2019, dan masuk resmi ke Indonesia bulan Desember di tahun yang sama.

25. Compact, solid dan kokohnya build quality Redmi 8A banyak dipuji YouTuber Tech India yang me-review ponsel ini.

26. Redmi 8A dibekali fitur Splash Resistant yang artinya tahan cipratan air, bukan berarti Anda bisa sengaja mencipratkan atau menyiramnya dengan sengaja apalagi mencelupkan ke kolam. Sekadar tahan gerimis hujan mungkin masih aman.

27. Letak lubang speaker Redmi 8A terdapat di bagian belakang sisi bawahnya.

28. Buat bagian bawah dagu, Redmi 8A menyediakan slot lubang USB Type C 2.0 reversible connector.

29. Karena Redmi 8A sudah memiliki USB On The Go (OTG) Anda dapat mengirim file ke teman cukup dengan kabel data atau menghubungkan data Flashdisk.

30. Selain USB, ada port Jack Audio 3,55 mm dan lubang mikrofon di bawah Redmi 8A.

100 Fakta Redmi 8A dan Trik Rahasia Xiaomi

31. Redmi 8A memiliki fitur Radio FM tersedia langsung di aplikasi bawaan, jadi kalian dapat mendengarkan stasiun siaran radio kesayangan Anda.

32. Kalau kalian mau klaim garansi Redmi 8A, berdasarkan pengalaman pribadi mendatangi service center Xiaomi ada baiknya selain membawa perangkat HP juga bawa nota pembelian atau kartu garansi jika ada.

33. Dimensi Redmi 8A adalah 156.5 x 75.4 x 9.4 mm (6.16 x 2.97 x 0.37 in), berat bobot total 188 gram belum termasuk casing tambahan.

34. Redmi 8A sudah mendukung triple slot SIM dedicated, bukan Hybrid System. Jadi kalian bisa memasang dua kartu provider SIM Card dan satu MicroSD.

35. Jenis kartu perdana yang bisa dipasang di Redmi 8A yaitu Nano-SIM, berlaku untuk seluruh operator seluler di Indonesia seperti XL, Axis, Tri / Three, Telkomsel (simPATI / Halo), Smartfren, Indosat IM3 Ooredoo / Mentari.

36. Redmi 8A bisa pakai sinyal 4G LTE tapi kartunya juga harus 4G, kalau 5G ya belum support.

37. Kecepatan install aplikasi di Redmi 8A mencapai 50 Mbps saya coba pakai kartu 3 lokasi di Bekasi. Kalau upload bisa 10 Mbps. Mbps dan MBps beda ya.

38. Jenis panel layar yang digunakan Xiaomi Redmi 8A adalah IPS LCD Capacitive Touchscreen dengan 16 juta warna.

39. Ukuran layar Redmi 8A itu 6,2 inci dengan rasio layar ke bodi (Screen to Body ratio) mencapai 82%, sangat keren bukan. Apalagi adanya 400 nits typ brightness sebuah kecanggihan yang sebelumnya juga disematkan pada ponsel Pocophone F1, makin kece.

40. Resolusi layar Redmi 8A adalah HD 720 x 1520 piksel, ditambah aspek rasio 19:9 sehingga membuatnya sangat ramping ketika digenggam tangan.

41. Tahukah sobat, kalau Redmi 8A memiliki 270 ppi densitas piksel tentunya bermanfaat agar nyaman dipandang mata.

42. Tenang saja, layar depan Redmi 8A sudah dilindungi teknologi Corning Gorilla Glass 5 sehingga tahan goresan meski tanpa menggunakan temperred glass, anti gores atau pelindung layar tambahan.

43. Xiaomi Redmi 8A dibekali Android 9.0 Pie berbasis tampilan antarmuka khas MIUI 11, kabarnya ponsel ini bakal mendapatkan update ke MIUI 12 dan Android 10. Jadwal kapan tanggal rilisnya belum diketahui.

44. Kita tahu kalau MIUI merupakan antarmuka paling lengkap fiturnya dibanding dengan UI brand Android lainnya.

45. Kalian bisa mengganti tema Redmi 8A dan mengubah font, kustomisasi dark mode (tampilan gelap), hingga menentukan preferensi ukuran / jenis & gaya huruf sendiri.

46. Selain itu pada Xiaomi Redmi 8A kamu dapat melakukan Dual Apps, yaitu menggandakan sebuah aplikasi tanpa harus menginstall app tambahan dari Google Play Store. Inilah salah satu keunggulan MIUI.

47. Redmi 8A dirakit di pabrik SatNusa Persada berlokasi di pulau Batam, sama seperti produk Xiaomi yang resmi dijual sebelumnya.

48. Apabila kalian penasaran, kami tambah info mengenai fitur tersembunyi MIUI Redmi 8A yaitu Lock Apps berguna mengaktifkan kunci aplikasi agar tidak sembarang orang membongkarnya, ada pula Lite Mode agar kinerja Smartphone lebih ringan dan lancar jaya. Hingga Call Recorder, untuk merekam percakapan selama panggilan telepon berlangsung.

49. Soal performa, jangan meragukan Xiaomi Redmi 8A untuk harga sekelasnya mungkin ponsel ini terkencang. Dibekali RAM 2GB dan Penyimpanan Internal Storage 32GB, varian RAM 3GB & 4GB juga dirilis sebenarnya di Tiongkok namun entah kenapa tidak dijual disini.

50. Chipset Redmi 8A yaitu Qualcomm Snapdragon 439 SD439 yang punya fabrikasi 12nm (nanometer) sehingga menambah kinerja jadi lebih kencang namun efisiensi daya baterai juga makin hemat.

51. Redmi 8A memakai prosesor (CPU) Octa-core 2x1.95 GHz Cortex-A53 & 6x1.45 GHz Cortex A53 beserta GPU Adreno 505, diyakini mampu menjalankan beberapa game kasual meski dengan RAM 2GB.

52. Saya pribadi sempat install dan mencoba permainan GTA San Andreas, Mobile Legends, PUBG, Garena Free Fire, Subway Surfers, hingga Township. Semuanya berkalan dengan sangat lancar meski beberapa game harus realistis dalam hal settingan rata kanan.

53. Jika kalian bermain game dan baterainya lowbat, jangan melanjutkan permainan sembari dicharge, itu bakal mengakibatkan Redmi 8A jadi cepat rusak, suhu panasnya meningkat drastis.

54. Sebaiknya kalau sedang mengisi baterai HP Redmi 8A kalian didiamkan, jangan dimainkan dan aktifkan mode pesawat (Airplane Mode), ini akan membantu proses pengisian menjadi lebih singkat seusai pengalaman mimin Kibezaka.

55. Kalau kamu merasa kurang dengan kapasitas penyimpanan memori internal Redmi 8A, tenang saja, karena bisa ditambahkan menggunakan slot ekspansi MicroSDXC yang mencapai 256GB.

56. Faktanya Redmi 8A jadi salah satu ponsel Xiaomi dengan baterai paling awet, selain karena ditopang batre jumbo 5000 mAh, resolusi layar yang hanya 720p HD membantu menghemat daya jadi tidak boros dibanding 1080p Full HD.

57. Durability Redmi 8A bikin penggunanya terkesan, saya sempat tidak sengaja dua kali menjatuhkan Smartphone ini ketika berdiri untungnya tidak ada kerusakan apapun. Bahkan bodi HP juga tidak lecet, mungkin karena jatuhnya di ubin rumah, kalau di aspal jalanan bisa jadi lain cerita.

58. Redmi 8A tidak dibekali sertifikasi IP68 atau IP 67, namun dia bisa tahan terhadap percikan air rintik hujan.

59. GPU Adreno 505 yang dipakai Redmi 8A diklaim mampu menghemat baterai tanpa mengurangi kinerja ponsel secara signifikan. Jadi apabila Anda bermain game tidak akan dilemahkan performanya stabil.

60. Jenis MicroSDXC adalah kartu memori eksternal untuk Xiaomi Redmi 8A, kalau kamu pakai tipe Micro SDHC kemungkina sulit terbaca atau bahkan tidak terdeteksi sistem Smartphonemu.

61. Dengan varian ROM terendah 32GB, memori internal akan terpakai sekitar 7GB - 8GB termakan oleh sistem bawaan Android dan MIUI. Jadi ruang kosong default tersisa berkisar 25GB atau 24GB total.

62. Saya mencoba adu Redmi 8A vs Asus Zenfone Max Pro M1 dalam hal durabilitas baterai, keduanya menyalakan video YouTube yang sama berdurasi 10 jam non-stop diputar sebelum tidur tanpa data seluler, pakai wifi, dua-duanya mode pesawat, 8 jam kemudian Redmi 8A menyisakan 21% sedangkan Zenfone MPM1 sisa 12%. Ini bukti resolusi layar menentukan daya tahan baterai karena Redmi 8A hanya 720p dan MPM1 1080p.

63. Cara mengganti font Redmi 8A sangatlah mudah, Anda tinggal memasang aplikasi pihak ketiga bernama iFonts dan memilih ribuan jenis huruf menarik. Ada yang berbayar dan gratis, bisa sesuaikan ubah gaya hurufnya juga hingga ukuran font.

64. Anda dapat menyesuaikan theme ponsel Xiaomi melalui fitur bawaan MIUI, termasuk cara mengubah tema Redmi 8A yang gampang tanpa perlu menambahkan aplikasi dari Google Play Store lagi.

65. Spek kamera Redmi 8A bagian belakang itu resolusinya 12MP, meski hanya 12 Megapiksel namun lensa aperture bukaan sudah f/1.8 dengan dual pixel PDAF didukung lampu LED Flash sehingga meminimalisir terjadinya Noise.

66. Hasil kamera Xiaomi Redmi 8A cukup bagus, kalian yang suka memotret obyek boleh meminang HP sejutaan ini. Tapi dengan catatan kondisi cahaya harus mendukung karena dalam situasi Lowlight tentu hasilnya tak sebagus ketika cuaca cerah.

67. Fitur kamerw Redmi 8A sudah mendukung efek blur background, ditambah adanya HDR dan Panorama.

68. Kualitas perekaman video HP Redmi 8A lumayan stabil, kalian bisa merekam hingga resolusi 1080p 30fps. Tapi akan lebih baik untuk rekam di resolusi 720p saja sehingga hasilnya tidak begitu buruk.

69. Soal urusan kamera depan, Redmi 8A dibekali 8 Megapixel lensa aperture f/2.0. Sama, dia juga bisa rekam video buat vlog dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

70. Tips memaksimalkan kamera Redmi 8A ala ponsel flagship Xiaomi buka pengaturan / Settings, mungkin kalau seorang fotografer yang paham akan teknik fotografi bisa memanfaatkan fitur tersedia di Setelan meski sangat minim.

71. Agar hasil gambar yang dapat jernih, ketika mengambil foto menggunakan Redmi 8A sebaiknya pakai gimbal HP tambahan.

72. Banyak orang membeli Xiaomi Redmi 8A kemudian setelah beli langsung dioprek dan diganti tampilan antarmukanya (Custom ROM), alasan mereka adalah demi menghilangkan iklan dan cenderung bosan dengan MIUI.

100 Fakta Redmi 8A dan Trik Rahasia Xiaomi

73. Pengguna diperbolehkan memasang TWRP Redmi 8A, bongkar akses root, memodifikasi UI, dan juga UBL (Unlock Bootloader).

74. Sayangnya Redmi 8A tidak dibekali sensor keamanan Fingerprint Scanner (pemindai sidik jari) namun sudah dibekali oleh Face Unlock buat pindai wajah, mengingat jika menimbang dari harganya mungkin amat wajar.

75. Redmi 8A akan mendapatkan update MIUI 12, namun soal kapan jadwal rilis buat pengguna Indonesia itu masih belum diketahui hingga saat ini.

76. Ringannya mode Lite pada Redmi 8A membuat kalian terpukau, karena walau sekaligus membuka aplikasi dalam jumlah banyak ternyata tetap tidak loading ulang. Multitasking berjalan lancar tanpa hambatan.

77. Tadi saya melakukan tes dengan buka app Instagram, YouTube, Ludo King, WhatsApp, Play Store tanpa menutupnya ketika menggunakan salah satu diantara aplikasi tersebut, semua lumayan normal berfungsi tanpa lag.

78. Percobaan menjadikan Redmi 8A sebagai hotspot Wifi ternyata memang kurang cocok, ponsel apa pun kalau terus-terusan dijadiin WiFi sepertinya akan panas suhunya dan boros baterainya.

79. Kualitas audio Redmi 8A terbilang SNI, alias Standar Nasional Indonesia. Suara yang dikeluarkan tidak terlalu jelek, namun tak bisa dibilang bagus juga.

80. Yang sangat disayangkan adalah letak posisi speaker Redmi 8A, jadi kalau volume kencang ketika mendengarkan musik dan posisi HP normal layar menghadap ke atas maka suarany sedikit kedap, harus dibalik.

81. Khusus jack audio, saya menggunakan headset merk Baseus yang dibeli di mal ITC Roxy Mas dua tahun lalu masih awet dan serasih disandingkan dengan perangkat Redmi 8A.

82. Karena dibekali teknologi modem LTE Cat maka konektivitas penangkapan sinyal Redmi 8A juga bagus, apalagi pas bukan di jam sibuk, speednya bisa tembus 7 MBps pakai kartu Telkomsel.

83. Oh iya sebagai tambahan, FM Radio Redmi 8A sudah disematkan Built-in Antenna ini berguna agar bisa menangkap jaringan siaran radio dengan jarak yang lebih jauh dari biasanya.

84. Teknologi Bluetooth Redmi 8A masih versi 4.2, tapi itu juga sudah bagus buat kirim file ke sesama pengguna Android.

85. Apakah Xiaomi Redmi 8A akan mendapatkan update ke Android 11? Belum tentu, karena hingga kini tidak ada jadwal gelontoran pembaruan software.

86. Buat yang tanya benarkah Redmi 8A tidak ada sensor Gyroscope? Ya, ponsel ini belum support Gyro. Cuma ada Accelerometer, Compass dan Proximity.

87. Ada tiga varian warna Redmi 8A, yakni Ocean Blue, Midnight Black dan Sunset Red. Saya pribadi menggunakan warna merah aka Sunset Red.

88. Sekadar tips dan trik tersembunyi Redmi 8A supaya kalian tidak terlalu bingung, sebaiknya gunakan fitur MIUI ala Xiaomi untuk gandakan aplikasi tertentu.

89. Simak skor AnTuTu Benchmark Redmi 8A berikut ini, total nilai berkisar 91972, saya belum cek versi GeekBench Score berapa.

100 Fakta Redmi 8A dan Trik Rahasia Xiaomi

90. Solusi mengatasi masalah Redmi 8A terkunci akibat lupa pola adalah dengan cara flashing ulang ponselnya, namun agar berjalan lancar manfaatkan perangkat PC / Laptop yang ada.

91. Jika anda ingin memasang watermark on Redmi 8A, pasang aplikasi tambahan. Karena setahu saya yang jarang gunakan kamera tidak ada setelan buat mengaktifkan tanda air.

92. Bagi yang mau kode rahasia beserta fitur menarik, silakan baca juga: Cara Cek IMEI Redmi 8A. Memeriksa nomor IMEI kemudjan mencocokannya di situs database Kementerian Perindustrian (Kemenperin) seolah jadi hal yang wajib dilakukan usai beli Smartphone bergaransi resmi. Hal tersebut demi memastikan bahwa produk yang kita beli orisinal, asli dan beneran resmi masuk ke Indonesia secara legal.

93. Bagaimana cara mengaktifkan lampu LED Notifikasi Redmi 8A? Mudah saja, tinggal memasang aplikasi LED Light Manager sehingga Anda tidak perlu khawatir ketinggalan informasi pemberitahuan yang masuk pas HP lagi Standby.

94. Harap diperhatikan Redmi 8A tidak support Wireless Charging, sehingga mustahil bila Anda berharap pengisian daya nirkabel dapat terjadi.

95. Aktifkan mode penghemat daya baterai Redmi 8A jika sedang di luar ruangan, tapi jangan diaktifkan saat persentase batre di atas 80%.

96. Mengganti baterai Redmi 8A haruslah membongkar casing bodi belakang Smartphone menggunakan alat / tool kit khusus, itu pun harus dikerjakan dengan teliti.

97. Redmi 8A belum support teknologi OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS. Dia juga nggak bisa rekam video resolusi 4K.

98. Jenius RAM Xiaomi Redmi 8A yaitu LPDDR3 933 MHz, eMMC 5.1 adalah kecanggihan yang dimiliki ponsel Rp1 jutaan ini.

99. Anda bisa menghapus dan uninstall aplikasi bawaan Redmi 8A jika memang merasa tidak diperlukan, namun untuk beberapa aplikasi mengharuskan pengguna buka akses root hp.

100. Kabar baiknya Redmi 8A sudah mendukung pncerminan layar sehingga kini pakai Google Chromecast bisa dinikmati semua pengguna. Tapi yang perlu dicatat, Xiaomi 8A belum ada NFC dan Virtual Reality (VR), sekian.