Skip to main content

Cara fast charging Vivo Y12 mengaktifkan fiturnya

Cara fast charging Vivo Y12 mengaktifkan fiturnya

Kibezaka.com – Bagaimana cara mengaktifkan Fast Chaging Vivo Y12 tanpa root? Sekarang kita sudah paham betapa pentingnya fitur Quick Charge dalam keseharian, akan sangat menghemat waktu cas HP kalau semua ponsel punya fast charger.

Meski sekarang juga sudah banyak sekali brand Smartphone yang menyematkan fitur fast charging salah satunya adalah Vivo Y12 dan Xiaomi Redmi 8A. Walau ada pengecualian, yakni kamu sebagai pembeli tidak akan dapat adaptor QC bawaan.

Cara menggunakan fast charging d–i HP Vivo Y12

Ya, artinya pengguna harus membeli adaptor quick charge tambahan secara terpisah. Entah apa pun merek dan tipenya, yang jelas charger bawaan itu dari angka output tidak sesuai dengan embel-embel kalimat promosi.

Sebagai contoh, Redmi 8A katanya support Fast Charging 18 Watt, ya memang benar sih tapi adaptor chargeran di dalam kotak pembelian itu cuma mendukung 10W saja. Alias kamu harus beli casan lagi yang support Qualcomm Quick Charge 3.0 (18W).

Kecepatan cas Redmi 8A berapa lama? Proses charging memakan waktu 2,5 sampai 3 jam dari posisi 15% ke 100% jika pakai adapter 10 Watt. Sebaliknya kalau kamu menggunakan Quick Charge 18 Watt akan lebih cepat yakni cukup 2 jam saja atau bahkan kurang, dari angka persentase baterai yang sama.

Kok malah jadi bahas Redmi 8A ya hehe, tapi yang jelas itu semua hanya contoh ada kaitannya juga sama Vivo Y12. Maksudnya gimana? Ya untuk mengaktifkan Fast Charging Vivo Y12 kalian mungkin tidak akan bisa jika hanya mengandalkan charger bawaan dari kotak pembelian.

Memang sangat disayangkan, kalau kita menyadari betapa nikmatnya dapat baterai 5000 mAh tapi realita tak seindah yang dibayangkan. Karena charging Vivo Y12 itu lumayan lama dari 10% sampai penuh bisa lebih dari 3 jam, itu pun dengan catatan tidak sambil dimainkan, nonaktifkan data seluler dan menyalakan mode pesawat.

Mungkin dengan tidak membekali teknologi Fast Charging Vivo Y12 demi memangkas biaya produksi, sehingga ketika dijual juga jadi kesannya lebih murah dengan sektor lain sebagai nilai jual utamanya seperti RAM, Kamera atau Chipset, baterai jadi kelemahan. Kalau mau perfect semua belilah hp flagship, bahkan flagship pun tak ada yang sempurna.

Kesimpulannya solusi utama cara mengaktifkan fast charging Vivo Y12 yaitu dengan langkah praktis dan sederhana seperti mengaktifkan airplane mode saat charge berlangsung, nonaktifkan data seluler, bluetooth & GPS juga, jangan main game, diamkan saja sehingga proses pengisian daya baterai jadi lebih cepat karena tanpa adanya aktivitas di Smartphone.