--> Skip to main content

46 Fakta Majalah Shukan Bunshun Jepang

1. Shukan Bunshun (Nihongo: 週刊文春) adalah majalah mingguan Jepang yang didirikan di Tokyo.

2. Asal kata Shukan Bunshun berasal dari Shuukan (artinya Weekly/Mingguan) dan Bunshun merupakan nama panggilan dari Bungeishunju.

3. Bungeishunju Ltd adalah nama induk perusahaan media yang menaungi tabloid mingguannya.

46 Fakta Majalah Shukan Bunshun Jepang 9

4. Pendiri majalah Shukan Bunshun adalah Kan Kikuchi yang saat itu membangun perusahaan tanpa sengaja dari garasi rumahnya.

5. Penamaan Shukan Bunshun baru diluncurkan pada Februari 1995, sebelumnya company Bungeishunju hanya menerbitkan majalah bulanan (Monthly Magazine).

6. Aslinya, Kan Kikuchi mendirikan Bungeishunju Ltd pada tahun 1923 dan menjadi media Jepang terbaik selama masa perang dunia 1 dan 2.

7. Majalah Shukan Bunshun melahirkan banyak penulis dan novelis terkenal seantero Jepang.

8. Penghargaan untuk penulisan sastra paling bergengsi di Jepang diraih oleh Shukan Bunshun dari Akutagawa Prize.

46 Fakta Majalah Shukan Bunshun Jepang 8

9. Setelah menelurkan banyak bakat novelis, Naoki Prize memberikan penghargaan tahunan spesial dan eksklusif kepada Shukan Bunshun.

10. Pada masanya, Bungeishuju Manga Awards sebuah ajang penghargaan bergengsi untuk para kreator manga menjadi yang terbaik di Jepang. Banyak pembuat manga berlomba-lomba menenangkan awards spesial dari Shukan Bunshun.

11. Bungeishunju Manga Award pertama kali diselenggarakan pada tahun 1955. Namun ajang bergengsi ini ditutup dan berakhir pada 2001 silam.

12. Joji Yamafuji, Wada Makoto dan sebuah ilustrasi karya Furakawa Taku memenangkan penghargaan Shukan Bunshun awards, disusul oleh buku gambar bikinan Shinto Cho dan karya parodi buatan Mad Amano.

13. Kantor pusat Shukan Bunshun berada di distrik Chiyoda, Tokyo. Namun pada 2016 mereka membuka kantor baru di Namba, Osaka dan Nagoya.

14. Nama Jepang Bungeishunju adalah 株式会社文藝春秋, namun istilah terkenalnya yakni 文春砲 (Bunshunho) yang juga disebut sebagai panggilan dari ikon/maskot majalah tersebut ketika membongkar suatu fakta tanpa menampilkan wajah asli.

46 Fakta Majalah Shukan Bunshun Jepang 7

15. Bunshun-ho merupakan sebutan maskot majalah Shukan Bunshun yang sering muncul di Live Streaming.

16. Sejak berganti direktur utama pada 2002, Shukan Bunshun menjadi majalah paling sering menimbulkan kontroversi karena kerap membuka skandal korupsi politikus hingga para pejabat dipenjara dan ada yang mengundurkan diri sesaat setelah Bunshun mengeluarkan bukti. Ibaratnya, Bunshun adalah KPK versi Jepang tapi dari non-pemerintahan.

17. Sejak 2005 kehadiran AKB48 Group, seiring diterapkannya aturan anti cinta tak tertulis, Shukan Bunshun juga tidak jarang mempublikasikan berita provokatif dan kontroversial terkait skandal kencan member AKB48 dengan artis, musisi, dan pejabat politik.

18. Shukan Bunshun pernah berkonflik dengan Walikota Osaka kala itu, Hashimoto Toru terkait terbongkarnya skandal suap proyek dan tindakan melanggar asusila kalangan pejabat.

19. Toru Hashimoto pernah membawa Shukan Bunshun ke meja hijau pengadilan Osaka untuk menggugat majalah mingguan tersebut, namun Toru harus menerima kekalahan di persidangan setelah banyaknya bukti-bukti kuat yang dikeluarkan oleh Bunshun.

20. Federasi Tenaga Kerja pernah rela membayar pengacara untuk Shukan Bunshun, saat itu pihak federasi ingin membuktikan bahwa Toru Hashimoto melanggar etika kerja perusahaan dan lembaga ketika masih mengemban jabatan sebagai penasihat di federasi, Toru akhirnya menerima hukuman dan tidak boleh berkecimpung di dunia politik lagi.

46 Fakta Majalah Shukan Bunshun Jepang 5

21. Mungkin banyak kalian yang penasaran bagaimana Shukan Bunshun bisa mendapatkan bukti, foto, data, dan semua rekaman skandal kencan para anggota idol group Jepang. Termasuk data kapan dan dengan siapa mereka berkencan.

21. Ternyata Shukan Bunshun tidak sendiri, ada ratusan agen yang ditengarai bekerja di bawah Bunshun. Agen yang berstatus "Freelance" bagi Shukan Bunshun banyak tersebar luas di penjuru Jepang. Mereka pada dasarnya kebanyakan mahasiswa, atau fans yang sukarela membantu, juga ada yang meminta timbal balik berupa bayaran.

22. Jumlah karyawan tetap Shukan Bunshun ada 450 orang per tahun 2012, angka itu belum termasuk agen di lapangan yang bisa mencapai ratusan orang.

23. Ueno Toru dinobatkan menjadi presiden utama majalah Bungeishunju, namun dia hanya bekerja beberapa bulan lalu diberhentikan secara demokratis karena tindakan menyimpang terhadap seorang wanita yang dibongkar oleh staf Shukan Bunshun itu sendiri.

24. Selain Shukan Bunshun, perusahaan penerbir Bungeishunju juga mengelola majalah Number, yang berfokus pada politik, bisnis, olahraga, dan penampung opini publik.

25. Setelah perang dunia kedua, Shukan Bunshun berperan penting atas terjadinya peristiwa Freedom of Speech yaitu kebebasan berpendapat di kalangan masyarakat Jepang. Bunshun juga yang berperan sebagai patriot menerbitkan beberapa artikel pada tabloidnya memberi tekanan kepada dewan pers-nya Jepang sehingga jadilah kebebasan pers (Freedom of Pers) di negeri Sakura seperti sekarang.

46 Fakta Majalah Shukan Bunshun Jepang 4

26. Takahashi Minami, Minegishi Minami, Atsuko Maeda, Tomomi Itano, Sashihara Rino adalah segelintir mantan anggota AKB48 Group yang pernah terlibat skandal setelah pemberitaan Shukan Bunshun yang kemudian menghebohkan dunia. Miichan kala itu harus mencukur rambutnya hingga botak lalu ditayangkan ke YouTube.

27. Anggota grup idola Nogizaka46, Matsumura Sayuri pernah terlibat konflik dengan Shukan Bunshun. Saat itu Sayuringo melakukan skandal perselingkuhan dengan lelaki yang sudah menikah.

46 Fakta Majalah Shukan Bunshun Jepang 3

28. Bungeishunju sempat berhenti total pada Maret 1946 akibat perang dunia II walau penerbitan Shukan Bunshun tetap berjalan, karena kebutuhan pemerintah kala itu, akhirnya perusahaan kembali berjalan pada Juni di tahun yang sama.

29. Masahiko Katsuya dan Takashi Tachibana dua orang penulis esai Shukan Bunshun pernah menerima penghargaan dari NHK atas karyanya selama berlangsungnya perang dunia.

30. Pada 2014, majalah Shukan Shincho yang menjadi rival Shukan Bunshun membongkar fakta bahwa AKS (manajemen AKB48 Group) bekerja sama dengan Bunshun untuk sengaja menguak fakta skandal para membernya. Menurut kolumnis Shinchosha kala itu, kerjasama tersebut berbau bisnis yang mengorbankan privasi member 48 Family.

31. Beberapa tahun lalu ada skandal member 48 Group yang melibatkan karyawan Shukan Bunshun, kala itu sang member berkencan dengan staf Bunshun di distrik Asakusa, Tokyo dan direkam oleh seorang fans yang kemudian jadi heboh di berbagai forum online.

32. Orang Jepang banyak yang berminat kerja di dunia jurnalistik, namun mereka menghindari bekerja di Shukan Bunshun. Salah satu alasannya karena proses wawancara yang rumit seperti diwawancarai oleh tim Google saat karyawan melamar kerja dan interview di Google.

33. Lembaga industri pers di Fukuoka menyatakan, Shukan Bunshun merupakan tabloid dengan jumlah penghargaan terbanyak sejak dibentuk tahun 1923 silam.

34. Selama berlangsungnya perang dunia 2, Shukan Bunshun menjadi media paling berpengaruh besar dan membantu pemerintah Jepang.

35. Selain itu, tabloid Shukan Bunshun pernah menerbitkan berita yang bikin heboh perang dunia kedua ketika masa-masa Jerman kala itu melenyapkan kalangan tertentu.

36. Pada era transisi Soekarno - Soeharto, Shukan Bunshun ikut menguak fakta keterlibatan badan pusat intelijen Amerika Serikat, Central Intelligence Agency (CIA), dalam pelengseran presiden RI pertama.

46 Fakta Majalah Shukan Bunshun Jepang 0

37. Karyawan Shukan Bunshun hanya bekerja kurang dari enam jam per hari. Biasanya mereka mulai kerja pada pukul 10 pagi dan selesai sekitar jam 3 sore. Namun, perusahaan kantor pusat tetap berjalan 24 jam terbagi menjadi beberapa shift.

38. Pada 2014, Bungeishunju merenovasi gedung perkantoran dan asrama karyawan. Staf Shukan Bunshun bisa bebas memilih tinggal di asrama, apartemen atau rumah mereka sendiri.

39. Kantor pusat Shukan Bunshun terdapat fasilitas yang lumayan lengkap untuk memanjakan karyawan seperti kantin yang makanannya selalu tersedia dan fresh, arena refreshing & hiburan seperti tempat bermain billiard, nonton film, pijat, ruang game khusus bersantai.

46 Fakta Majalah Shukan Bunshun Jepang 1

40. Tahukah Anda, total staf dan karyawan Shukan Bunshun antara pria dan wanita hampir seimbang jumlahnya.

41. Meski mayoritas karyawannya diliburkan pada weekend (Sabtu-Minggu), namun mereka memiliki staf khusus yang bekerja setiap hari Jumat - Sabtu - Minggu saja.

42. Pada perilisan PlayStation 4 di Jepang tahun 2014, Sony bekerja sama dengan Shukan Bunshun dan para karyawan Bungeishunju menerima masing-masing satu unit PS4.

43. Majalah Shukan Bunshun pernah menerima email misterius dari seorang yang mengaku sebagai anggota sebuah grup idola di Jepang, ia menyebarkan foto teman satu grupnya sedang 'bermain kuda tomvrok' bersama pacarnya di apartemen kemudian meminta Bunshun untuk merilis berita tersebut.

44. Segmen khusus AKB Shinbun yang digarap AKS memberitakan seputar AKB48 Group, segmen tersebut berpindah-pindah, pernah dikelola oleh Asahi Shimbun, Yomiuri Shimbun, Nikkan Sports, Shukan Bunshun dan sekarang dipegang Sponichi.

45. Ketika musim semi 1998 terjadi perpecahan internal kubu Bungeishunju, saat itu Shukan Bunshun sempat terpisah dan independen dari Bungeishunju namun mereka kembali bersatu enam bulan kemudian.

46. Agar terjadinya interaksi lebih antar karyawan Shukan Bunshun hingga terciptanya ide gemilang, mereka harus mengantre sebelum mengambil makanan. Makanan yang disediakan juga banyak dan gratis.