Skip to main content

100 Fakta Menarik Hwasa Mamamoo Ahn Hye Jin

100 Fakta Menarik Hwasa Mamamoo Ahn Hye Jin

1. Nama asli Hwasa sejak lahir adalah Ahn Hye Jin (Hangul:
안혜진). Hwasa adalah nama panggung saja.

2. Hwasa bergabung dengan girl group Mamamoo setelah menjalani trainee bertahun-tahun.

3. Menurut beberapa media lokal di Korea Selatan, Hwasa merupakan penyanyi terbaik K-Pop era milenial.

4. Tanggal lahir Hwasa Mamamoo adalah 23 Juli 1995. Usia atau umur dia saat ini 24 Tahun.

5. Kota kelahiran Hwasa yaitu, JJeonju, Jeollabuk-do, South Korea. Ia berpindah-pindah tempat, sempat menghabiskan masa kecil di Gwangju dan ketika masuk SMP pindah lagi ke Seoul.

6. Hwasa selalu percaya diri dengan penampilannya di atas panggung yang membuat dia bertahan sampai sekarang.

7. Padahal menurut Hwasa, dia memiliki sifat introvert namun karir itu semua berjalan dengan baik berkat bantuan staf, keluarga dan temannya.

8. Naver memberikan predikat kepada Hwasa sebagai anggota girlband KPop dengan suara atau vokal paling menarik dalam lima tahun terakhir.

9. Penampilan Hwasa selalu dinantikan penggemarnya. Kebanyakan fansnya adalah dari kalangan pria.

100 Fakta Menarik Hwasa Mamamoo Ahn Hye Jin

10. Gaya busana dan cara berpakaian Hwasa selalu menarik perhatian publik media, tidak jarang dia menjadi sorotan khusus sampai artis Hollywood pada ikut memberikan tanggapannya.

11. Kepribadian Hwasa dianggap kalem, tenang, namun agresif ketika sudah waktunya. Doi sangat menyukai pria yang lemah lembut atau berlawanan dengan sifat aslinya.

12. Ciri khas suara Hwasa 'Husky' menjadi trending topik di Korea, banyak gadis remaja di Korsel sangat menginginkan punya suara mirip seperti Hwasa.

13. Hwasa sangat menyayangi keluarganya, dia bahkan pernah rela mengorbankan jadwal manggung dan Meet & Greet bersama fans demi bertemu keluarga. Menurutnya, keluarga harus diutamakan daripada karirnya.

14. Bagi para basis MooMoo (penggemar Momoland), Hwasa adalah sosok karismatik yang menjadi inspirasi karena keberaniannya selalu ingin tampil nyentrik dan beda dari kebanyakan personil girlband.

15. Hwasa pernah mengatakan arti dan makna nama Ahn Hye-jin adalah "berkah dan rahmat dari Tuhan". Nama tersebut diberikan oleh Ayahnya, ternyata benar sampai sekarang dia merupakan berkah bagi semua MooMoo sebagai penghibur banyak orang.

16. Makanan kesukaan Hwasa adalah Ramen Jepang, Keripil Kentang, Daging Sapi Panggang, Ayam Goreng, dan cemilan ringan. Sementara minuman favorit, Hwasa sangat menyukai konsumsi jus buah-buahan, paling sering dia minum jus lemon.

17. Hwasa sangat menyukai buah Lemon, sejak kecil selalu diajari manfaat dan arti lemon oleh ayahnya dan sampai sekarang pun mengonsumsi Lemon seminggu minimal tiga kali dalam keadaan apa pun.

18. Ketika sesaat sebelum memilih Hwasa sebagai nama panggungnya, Ahn Hye Jin sempat mempertimbangkan menggunakan kata "Petzi" buat nickname. Petzi adalah nama karakter dalam animasi dan cerita dongeng di Korea.

19. Kemudian Ahn Hye-jin lebih pilih nama Hwasa karena mengandung makna mendalam, arti nama Hwasa yaitu Cahaya Bersinar / Cerah.

100 Fakta Menarik Hwasa Mamamoo Ahn Hye Jin

20. Hwasa belum ingin menikah, ia baru akan memikirkan untuk nikah ketika usianya 29 tahun.

21. Ketika sudah melangsungkan pernikahan, Hwasa ingin memiliki 4 orang anak. Menurutnya, suasana rumah akan sangat indah dan ceria jika dia punya banyak anak.

22. Keahlian Hwasa juga menciptakan dan menulis lirik lagu, atas skil individu luar biasa itu akhirnya Hwasa memutuskan berkolaborasi dengan musisi Korsel lainnya.

23. Dalam bernyanyi, Hwasa memiliki aura tersendiri seperti menggoda, halus dan selalu membuat terngiang-ngiang di telinga siapa pun yang mendengarnya.

24. Rutin konsumsi Lemon juga menurut Hwasa demi menjaga kekuatan vokal yang jadi salah satu daya tarik dia selama ini.

25. Kolaborasi Hwasa bersama Loco menghasilkan lagu berjudul Don't Give It, Primary "Mileage" dengan Baechigi "Boy Jump", Basick and Lil Boy "Call Me", dan Kisum "Love Talk".

26. Dispatch pernah merilis teaser berita skandal kencan Hwasa dengan salah seorang personel boyband terkenal, namun sampai sekarang cuma jadi teaser karena batal diterbitkan tanpa alasan yang diketahui.

28. Bali (Indonesia) dan Hawaii (Amerika Serikat), adalah dua tempat wisata favorit Hwasa. Dia sering mengunjungi keduanya untuk berlibur.

29. Seorang pria mengaku sebagai mantan pacar Hwasa pernah muncul di media cetak Korea Selatan dan menghebohkan netizen Kpop saat itu, karena pria tersebut mengaku mencari celana daalamnya yang tertinggal di kamar Hwasa. Mungkin cuma ngaku-ngaku kali guys.

100 Fakta Menarik Hwasa Mamamoo Ahn Hye Jin

30. Kemampuan Hwasa membuat aransemen lagu dan tulis lirik sempat bikin dia hampir keluar Mamamoo karena mendapat tawaran kontrak kerja menggiurkan dari salah satu perusahaan industri hiburan, namun Hwasa menolak dan memilih bertahan di grup yang membesarkan namanya.

31. Lagu Mamamoo dengan judul “My Herat/I Do Me” diciptakan oleh Hwasa, dan masuk ke dalam mini album "Hello".

32. Selanjutnya pada mini album Mamamoo ketiga "Pink Funky", Hwasa kembali membuat lagu berjudul "Frakin Shoes' dan dirilis 2015 silam.

33. Grup 4Minute yang pernah populer pada masanya juga sempat merekrut Hwasa sebagai pemandu suara vokal selama proses rekaman berlangsung.

34. Hwasa mengaku suka koleksi barang-barang unik dan langka, ia pernah membeli celana pendek bekas pakai artis Hollywood idolanya yang dilelang di situs jual beli eBay.

35. Meski terlihat garang di atas panggung, faktanya Hwasa merupakan member Mamamoo yang paling jago memasak. Ia tidak jarang masak makanan kesukaannya dan makan bersama member lain di apartemen.

36. Karena keahliannya memasak, member Mamamoo lain menjuluki Hwasa dengan julukan menarik "The Cook". Kalau Hwasa sudah sampai tempat berkumpulnya personil, semua orang yang hadir memintanya memasak.

37. Pada 2018, program tv acara reality show "I Live Alone" tayang di stasiun televisi lokal dan dibintangi Hwasa. Acara tersebut memperkenalkan makanan khas Korea Selatan dan Hwasa membintanginya. Ia memamerkan kecintaan terhadap makanan.

38. Tingginya minat Hwasa pada dunia kuliner sempat membuatnya mendapatkan kupon makan gratis nominal 1 Juta Won atau sekitar 12 Juta rupiah oleh Asosiasi lokal.

39. Sejak duduk di bangku SMA, Hwasa mengatakan sudah empat kali berganti pasangan. Durasi pacaran terlamanya bersama kekasih ialah 2 tahun, sedangkan tersingkat cuma 1 bulan saja.

40. Meski jadi member termuda di Mamamoo, Hwasa tidak pernah memandang rendah temannya. Maknae dengan wajah kalem itu juga sering dikira jadi anggota tertua karena wajahnya yang terpaut jauh lebih tua dengan usianya.

100 Fakta Menarik Hwasa Mamamoo Ahn Hye Jin

41. Style dan berpakaian Hwasa sering ditiru oleh cewek di Korsel. Padahal menurut kebanyakan tanggapan publik, fashion ala Hwasa selalu tidak menentu.

42. Beberapa tahun lalu Hwasa pernah marah dengan salah satu majalah karena menerbitkan komentar kebencian ketika mereka meminta opini publik terkait tren fashion seperti Hwasa, orang itu mengatakan "Hwasa seperti wanita mur@h4n". Melalui pihak manajemen Hwasa sempat mengancam media tersebut, namun akhirnya media itu menyampaikan permohonan maaf.

43. Walau paling muda, ternyata Hwasa merupakan member Mamamoo yang menguasai teknik rias wajah (make-up) terbaik. Terbukti dengan anggita lain yang meminta saran dan bantuan ketika proses makeup berlangsung di balik panggung.

44. Hwasa memang bercita-cita menjadi penyanyi sejak kanak-kanak, ia pernah latihan bernyanyi hanya dengan mikrofon palsu rakitan yang terbuat dari gagang kayu.

45. Cita-cita dan impian Hwasa saat ini bisa berkeliling dunia dan menjelajahi seluruh pantainya karena doi sangat suka berjemur di pantai.

46. Hwasa sempat tidak mendapatkan dukungan dari teman-teman lamanya ketika baru debut bersama Mamamoo, namun dia lebih memilih tidak bermain sama mereka lagi dan fokus di Mamamoo saja.

47. Selain Katy Perry, penyanyi idola Hwasa adalah Beyonce, Rihanna, belakangan dia juga lagi suka sama Camila Cabello.

48. Keluarga Hwasa pernah menentang keputusan dia menjadi public figure, namun seiring berjalannya waktu Hwasa kembali membuktikan berkat dukungan fans dan kerja kerasnya akhirnya tercapai tujuan sejak kecil jadi penyanyi profesional.

49. Wheein merupakan sahabat dekat Hwasa, keduanya sudah kenal semenjak SMP dan saat di bangku sekolah mereka membentuk kelompok.

50. Baik Hwasa dan Wheein sama-sama tidak menyangka kalau mereka bakal menjalani karir bersama sebagai musisi dan berada di grup yang serupa, Mamamoo.

100 Fakta Menarik Hwasa Mamamoo Ahn Hye Jin

51. Ketika diwawancara, Hwasa bercerita seberaoa dekat dia dengan Wheein dan mereka berdua berjanji untuk terus bersama walau usia melewati angka 20 tahun. Sekarang keduanya sudah menepati janji tersebut.

52. Jika tidak ada kegiatan Mamamoo Hwasa akan pergi ke Jeonju untuk menemui keluarga. Ia bahkan selalu menelpon anggota keluarganya di sela kesibukan setiap sesaat setelah selesai melakukan perform.

53. Hwasa sangat percaya diri pada tubuhnya, meski kulitnya berwarna sawo matang dan beda dari mayoritas member girlgroup pada umumnya namun postur tubuh Hwasa membuatnya selalu tampil semangat dan bergairah.

54. Sebelum debut (Pra Debut) Hwasa pernah diejek karena tubuhnya terlalu over, dan kurang ideal buat seorang member girlgroup. Ejekan itu dijadikan motivasi untuk menjalani program diet hingga langsing seperti sekarang.

55. Namun karena satu dan lain hal akhirnya Hwasa memilih untuk mengabaikan ucapan orang serta tetap mencintai tubuhnya apa adanya. Buktinya, sekarang Hwasa sukses mengubah opini orang lain mengenai tubuhnya, bahkan standar kecantikan Hwasa mulau ditiru banyak cewek Korea.

57. Tahukah kamu, cinta pertama Hwasa adalag guru ilmu sosial. Yap, mereka saling mencintai. Bahkan meski sudah berpisah keduanya masih tetap menjaga komunikasi hingga sekarang.

58. Tipe cowok ideal menurut Hwasa adalah aktor AS bernama George Clooney. Namun Hwasa lebih suka sosok pria yang memiliki kepribadian baik dan berkarismatik.

59. Hwasa naksir dengan Ryu Seung Ryeong, dan pernah mengatakan bahwa lelaki sepertinya merupakan pria ideal yang cocok menemaninya di pelaminan nanti.

60. Hwasa saat ini berada di bawah naungan label RWS.

61. Genre musik favorit Hwasa adalah RnB, retro, jazz, pop.

62. Lagu digital single berjudul "Twit" merupakan lagu solo debutnya yang dirilis Februari 2019 dan berhasil menempati posisi puncak Gaon Digital Chart.

63. Hwasa meraih penghargaan Artist of The Year berkat lagu Twit diberikan oleh Digital Music.

64. Predikat Best Solo Artist pun digaetnya setelah debut, memang Hwasa mendapatkan banyak penghargaan musik.

65. Pada 2018, Entertainer Award memberikan penghargaan khusus kepada Hwasa, dari Hyena on The Keyboard KBS Entertainment, atas kolaborasinya bersama Loco.

100 Fakta Menarik Hwasa Mamamoo Ahn Hye Jin

66. Hwasa juga diberikan apresiasi oleh Korean First Brand Awards untuk dua piala yakni Female Solo Artist dan Idol Variety Star 2020.

67. Beberapa penghargaan yang diraih Hwasa lainnya yaitu: MBC Awards (Rookie Female of The Year & Female Excellence Award), Melon Music Awards (Trending Chart & Best Ballad), Mnet Asian Music Awards, Soribada Best K-Music.

68. Saat 2017 Hwasa berpartisipasi dalam acara musik King of Mask Singer episode 111 dan 112 yang menarik perhatian penggemar.

69. Hwasa dipercaya menjadi host / pembawa acara MBC Awards bersama dengan Jun Hyun-moo.

70. Menurut teman SMA, aslinya dulu Hwasa pernah bilang kalau dia ingin menjadi wanita karir yang kerja di perusahaan besar.

71. Teman-teman lama Hwasa pada kaget dan tak percaya bahwa cewek yang mereka kenal dulu kini jadi idola nasional Korsel. Bahkan ada salah satu wanita yang mengaku temannya Hwasa saat SMA dan kini gabung trainee agensi demi mengikuti jejak karir rekannya.

72. Hwasa sangat tidak suka dengan bawang goreng, dia pernah mencicipinya lalu tak melanjutkan makan karena hilang selera.

73. Tempat liburan favorit Hwasa itu di pantai, ia selalu menyemparkan diri pergi ke pantai di sela-sela waktu berlibur saat tidak ada jadwal manggung.

74. Menurut Solar dan Moonbyul, Hwasa sangat mudah terbangun dari tidurnya. Ketika ada suara pintu terbuka saja dia langsung bisa bangun, makanya saat mereka bersama di asrama, Hwasa yang lebih sering membangunkan member lain.

75. Hwasa memiliki hubungan baik dengan Hyuna, mereka sering menyaksikan film bioskop bersama-sama. Tapi semenjak Hyuna memiliki pacar (EDawn), mereka jadi jarang bertemu.

76. Penyanyi K-Pop kesukaan Hwasa itu Sunny SNSD. Menurutnya, Sunny yang menginspirasi dia jadi seorang penyanyi handal.

77. Hwasa punya sebuah tato di balik badannya atau bagian punggung, gambarnya huruf H berbentuk grafiti yang dibuat oleh tukang tato profesional.

78. Kata sahabatnya Hwasa orangnya pekerja keras, gigih dan ambisius untuk mendapatkan apa yang dia mau.

79. Bahkan ketika latihan, Solar pernah berkata kalau Hwasa merasa ada teknik yang masih dia belum sepenuhnya kuasai, dia akan menambah waktu latihan sendiri di tempat Training.

100 Fakta Menarik Hwasa Mamamoo Ahn Hye Jin

80. Saat berlibur ke Phuket, Thailand, Hwasa mengira tidak akan ada orang yang mengenalnya. Makanya dia tidak mengenakan masker sebagaimana yang direkomendasikan kepada mayoritas artis K-Pop, tapi ternyata Hwasa beberapa kali bertemu dengan orang yang meminta foto dan mengaku mengetahui dirinya member Mamamoo.

81. Hwasa pernah dikasih hadiah oleh fans berupa satu unit iPhone 11 Pro Max pada Desember 2019 dengan paketan lucu ketika hari natal. Setelah diketahui ternyata fans tersebut adalah mantan pacar Hwasa.

82. Waktu ketiduran di mobil ketika perjalanan usai tampil di Incheon, Hwasa bermimpi Mamamoo menggelar konser tur keliling dunia dengan salah satu dari venue dipenuhi 50 ribu penonton.

83. Hwasa ingin muncul dan jadi bintang majalah Pop Magazine seperti Hyuna hingga musisi idolnya yaitu Katy Perry.

84. Genre film kesukaan Hwasa antara Thriller, Mystery dan Romantis. Kata Solar, Hwasa orangnya gampang mengantuk jika sedang menonton film.

85. Tinggi Badan Hwasa 165 cm, sedangkan berat badan dia 48 kg. Golongan Darah Hwasa adalah O.

86. Hwasa terkejut setelah mengetahui banyak fans dia berasal dari luar negeri, itulah yang memotivasi doi untuk belajar bahasa Inggris agar bisa interaksi lebih dalam bersama penggemar.

87. Saat usianya menginjak 8 tahun, Hwasa mengikuti berbagai audisi ajang pencarian bakat hingga perekrutan agensi, tapi selalu gagal lolos.

88. Hobi Hwasa memotret obyek, renang, dan masak. Hwasa pernah ditawari melatih skil fotografi oleh seorang fotografer profesional dari Busan.

89. Hwasa memiliki hewan peliharaan, yaitu burung dan kelinci.

90. Warna kesukaan Hwasa adalah Biru muda yang sama seperti langit.

91. Dia sangat tidak suka kecoa. Bahkan ketika melihat kecoa di suatu ruangan, Hwasa memilih tidak kembali ke ruangan tersebut.

92. Hwasa bisa bermain gitar, piano dan biola. Sejak 2018, dia mulai sedikit-dikit belajar akting.

93. Hwasa pernah ditawari bermain film layar lebar, namun ia tolak. Dia cuma takut hasilnya tidak sesuai harapan karena kemampuan aktingnya masih harus banyak diasah lagi.

94. Waktu pertama kali bertemu, Wheein mengira bahwa Hwasa adalah orang yang galak dan menakutkan karena sering diam.

95. Jika Hwasa sedang kesal sebaiknya jangan diganggu, karena kata Solar kalau dia lagi marah bakal sulit ditenangkan.

96. Hwasa sangat menikmati karirnya sebab ia bekerja sesuai passion yaitu menari dan bernyanyi yang sejak dulu dia dambakan.

97. Angka favorit Hwasa yaitu 8, tanpa alasan.

98. Hwasa dapat meniru suara karakter di kartun seperri Doraemon, Sakura.

99. Indera penciuman Hwasa begitu kuat, oleh sebab itu dia mudah sensitif dalam hal wewangian.

100. Ketika sedang galau, Hwasa memilih pergi sendiri ke Sungai Han dan duduk di tepi sungai kemudian merenungkan, bermeditasi dan berbicara kepada dirinya sendiri.