--> Skip to main content

SGO48 Bubar Akibat Skandal Member yang Sepele

sgo48 bubar kaycee graduate skandal.jpg

Halo manteman sobat wota kembali lagi dengan gue disini Kibezaka dan pembahasan kali ini bakal berbicara isu yang lagi heboh di jagat fandom dunia hiburan Vietnam khususnya 48 Family yaitu SGO48 Bubar Akibat Skandal Member yang Sepele. Permasalahan kecil memang sering terjadi, tapi jika tidak diatasi secepatnya itu akan menimbulkan masalah besar yang berakibat pada dampak buruk secara masif.

Nah, hal ini dialami oleh grup idola asal kota Saigon, SGO48. Sister group AKB48 luar negeri yang pertama kali bukan di ibukota negara, karena kita tahu bahwa Capital City Vietnam adalah Hanoi. Entah terlepas dari apapun alasannya, yang jelas SGO sempat sukses mewarnai entertainment di negeri Nguyen.

SGO48 Bubar Akibat Skandal Member

Jadi selama beberapa minggu terakhir ini kabar mencuat soal skandal member SGO48 yang memang hangat dibicarakan. Mulai dari media sosial, media masa online, cetak, televisi, forum internet, hingga figur publik dan aktivis pun ikut memberikan opini mereka masing-masing.

Belum lama ini kita membaca surat kabar Daily Saigon blakblakan menjadikan skandal Hikaru SGO48 alias Châu Ngọc Đoan Thảo yang dikabarkan melanggar kontrak kesepakatan kerja dan kode etik. Dia diduga melakukan penandatanganan profesional contract dengan agensi lain disaat sudah terdaftar dan tergabung bersama grup SGO.

Seperti diketahui, seluruh idol group kelompok yang tergabung dalam keluarga AKB48 melarang anggota mereka untuk gabung atau menandatangani kontrak pro dengan perusahaan lain selama mereka masih aktif menjadi member tanpa terkecuali.

Hikari yang berasal dari Ho Chi Minh City tersebut harusnya cuma punya satu agensi yang menaungi SGO48 keseluruhan yakni YAG Entertainment Inc, namun dia justru malah join perusahaan hiburan lain yang berbasis di pusat kota Saigon. Hal itu dilakukannya ketika sudah 3 bulan sejak bergabung dan diperkenalkan kepada publik.

Manajemen YAG kala itu mengambil tindakan tegas, dan menyatakan bahwa Hikari telah melakukan pelanggaran kesepakatan kontrak. Demi melindungi dan menghargai peraturan yang ada, dia ditangguhkan dari segala kegiatan dan aktivitasnya selama kurang lebih 2 bulan. Isu SGO48 Bubar Akibat Skandal Member.

Tentu saja menjadi perhatian khusus bagi personil SGO48 lainnya untuk tetap menaati aturan tertulis. Apalagi YAG Management terbilang cukup tegas menghukum dan beri sanksi kepada semua member bahkan anggota paling populer mereka sekali pun, beda dengan JOT di JKT48 yang melindungi Shania Gracia & Shani Indira Natio atas skandal dugem & kasus Double date mereka bersama dua orang pria.

Para member rekan segrup dan setimnya seperti Kaycee, Minxy, Mon, Man Nghi, Nhur Thao, Phung Nhi, Tien Linh, Thu Nga, Sunny, Trung Duong, Ni Ni, Anh Sang, Elena, Sachi, Mochi, Le Trang, Tammy, Dona, Celia, Janie, Truc Pham, Anna, Ashley, Xuan Ca, Linh Mai.

Mulai dari Ace, general manager SGO48 (Soukantoku), hingga jajaran staf curhat lewat akun SNS betapa sulitnya mengelola sebuah grup dengan beranggotakan puluhan orang berbagai generasi pertama, kedua, ketiga seterusnya.

Rumor senioritas juga mulai beredar, sampai berita SGO48 Bubar pun makin bertambah. Apalagi disaat SGO sudah punya anggota generasi kedua, banyak member senior dianggap berlaku tidak sopan santun, sering melakukan tindakan tak senonoh terhadap junior mereka, juga bertindak kurang disiplin, misalnya datang latihan terlambat bahkan ada yang tidak hadir.

Insiden tersebut bahkan seolah ditutupi, sehingga sejumlah member SGO48 harus menggunakan kode atau clue petunjuk yang memberikan isyarat bahwa grup sedang tidak baik-baik saja.

Salah satu contoh postingan sosmed salah seorang anggota gen 1, ia berkata, "Aku merasa iri dengan 48G seperti JKT48, MNL48, BNK48, mereka amat kompak ketika tampil di atas panggung, tanpa mempedulikan dari generasi berapa temannya itu." Postingan tersebut mendadak viral di kalangan fandom, fans pada menduga bahwa ada yang tidak beres kondisi internal SGO48.

"Saya datang dari Hanoi untuk menyaksikan penampilan teater SGO yang kedua kalinya, rasanya ada yang berbeda. Mulai dari raut wajah, ekspresi, performa kinerja member di atas panggung sedikit berbeda. Semangat mereka seolah pudar dibanding saat pertama kali saya nonton, ada apa?" tulis seorang penggemar di Instagram sembari upload foto 2shot dia sama Kayce.

Memang tidak bisa dipungkiri kalau konflik antar member atau staf kerap terjadi di grup 48 Family. Jika SGO48 Bubar Akibat Skandal Member yang Sepele tentu amat disayangkan, mengingat tingginya antusias dan potensi gadis Vietnam dalam menggapai impian mereka meraih cita-citanya sangat sayang disia-siakan.