Skip to main content

Cara Kalibrasi Baterai Nintendo Switch Lite Agar Awet

Halo guys kali ini metode cara kalibrasi baterai Nintendo Switch Lite tutorialnya sudah selesai dibuat. Salah satu komponen paling penting untuk barang elektronik khususnya gadget seperti Nintendo Switch Lite adalah baterai. Semakin tahan lama, makin awet irit, juga semakin nikmat kita memainkan puluhan bahkan ratusan game gratis yang tersedia tanpa harus khawatir akan boros batre.

Selain itu manfaat kalibrasi baterai Nintendo Switch series bisa menjaga daya tahan, agar tetap sehat dan tidak rusak sehingga dimainkan jangka panjang pun stabilitasnya terjaga. Jangan sampai karena kesalahan pemakaian kita yang ceroboh bisa membuat perangkat menjadi rusak, baterai kembung, bocor dan sebagainya.

Cara Kalibrasi Baterai Nintendo Switch Lite Agar Awet
Kalibrasi Nintendo Switch Lite


Cara Kalibrasi Baterai Nintendo Switch Lite Agar Awet

Fungsi utama baterai tentu saja supaya gadget tetap bisa dimainkan. Biar tidak cepat rusak, segera lakukan kalibrasi baterai Nintendo Switch Lite. Ada beberapa metode yang dapat dicoba dan semuanya tidak membutuhkan perangkat tambahan, atau jailbreak / root seperti halnya Smartphone Android & iOS.

Masalah baterai memang sering dialami pengguna Nintendo. "Battery Drain Faster" kalimat tersebut kerap muncul di linimasa media sosial Twitter, Instagram, Facebook Fanpage Switch.

Mereka merasakan ketidaknyamanan atas kinerja baterai. Meskipun Nintendo telah merilis statement bahwa pihaknya sedang bekerja maksimal untuk memperbaiki kendala, namun user Switch tentu tak sabar ingin segera permasalahan itu teratasi. Padahal tinggal nunggu saja.

Ada satu pengguna di grup dan forum game, membagikan pengalaman kalibrasi baterai Nintendo Switch Lite miliknya. Panduan itulah yang kami rangkum disini, siapkan charger untuk charging.

- Hard Reset Nintendo Switch, caranya restart perangkat dengan menekan sembari menahan tombol Power selama kurang lebih 5 detik.
Cek sisa baterai Switch kamu, apabila sudah mencapai 3% siapkan adaptor casan. Nanti kamu harus ngecas ulang.
Setelah baterai Switch habis total hingga 0% tidak bisa dinyalakan, baru hubungkan perangkat ke adaptor.
Biarkan proses kalibrasi baterai Nintendo Switch berjalan sendirinya, diamkan hingga terisi penuh 100% Full Charged.

Pokoknya selama cas berlangsung, kamu jangan mengaktifkan atau menyalakan layar Switch. Kalau dinyalakan ya sama saja percuma, harus mengulang dari awal lagi. Menunggu sampai penuh tidak terlalu lama, apalagi menggunakan kabel Fast Charging.

Tips tadi dianggap bisa meminimalisir kerusakan baterai Nintendo Switch Regular dan Switch Lite. Sistem pengukur persentase batre juga seolah akan direset ulang, disegarkan seperti membeli produk baru.

Info tambahan, jangan mainin Nintendo Switch Lite sambil dicas. Ini akan membuat baterai panas berlebih (Overheat) kalau memainkan sembari charging, kinerja prosesor meningkat 2x lipat. Spesifikasi baterai Switch didesain buat keperluan simple saja, oleh karenanya senantiasa menjaga kesehatan baterai barang elektronik amatlah penting.

Setelah progres Cara Kalibrasi Baterai Nintendo Switch Lite Agar Awet berhasil, kamu bisa menikmati daya tahan batre lebih lama. Biasanya 3,5 jam sekarang mungkin sampai 5 jam, semua tergantung jenis game yang kamu mainkan. Baterai juga semakin stabil, nggak ada lagi persoalan boros, cepat panas, atau menurun drastis persentase batrenya.