Skip to main content

Cara Cek Apakah Video YouTube Terkena Copyright

Apakah kamu yakin sudah memeriksa konten sepenuhnya dan bebas dari pelanggaran Pedoman Komunitas? Jika belum saatnya periksa semua kontenmu, ada berbagai tips mudah untuk Cara Cek Apakah Video YouTube Terkena Copyright. Sehingga ketika nanti sedang berada di puncaknya video channel kamu tidak diklaim oleh pihak lain atau yang mengatasnamakan suatu perusahaan.

Memang sebaiknya buatlah konten original, selain ada rasa kebanggaan terhadap diri juga bisa mengasah skil keahlian kita dalam membuat, mengedit, dan memasarkan video. Tambah tegas dan aktualisasi, agar ke depannya tidak sembarangan asal comot karya milik orang lain. Itu baru namanya YouTuber sejati.

Cara Cek Apakah Video YouTube Terkena Copyright.png
Cek YouTube

Cara Cek Apakah Video YouTube Terkena Copyright

Kasus kanal Calon Sarjana sudah membuat malu bangsa Indonesia, dimana channel itu terekspos oleh pemilik aslinya orang luar negeri. Alhasil, menjadi sorotan media lokal dan internasional, dengan membawa embel-embel channel punya orang NKRI, tentu saja kejadian ini tidak boleh terulang kembali.

Langkah pertama cara Cek Apakah Video YouTube Terkena Copyright lihatlah di bagian paling bawah deskripsi videomu. Jika muncul tulisan Creative Commons Attribution license (reuse allowed) itu maksudnya konten bisa bebas dipakai kapan pun dan didistribusikan kemana pun, asalkan tetap memberi credit ke sang empunya.

Apabila ada label Creative Commons Fair Use, kamu nggak perlu khawatir akan kedatangan Take Down DMCA Claims yang dapat terjadi sewaktu-waktu oleh channelmu. Karena status pemakaiannya bebas digunakan oleh semua kalangan pengguna YouTube demi kepentingan apapun,

Plagiarisme bisa terjadi ketika seseorang mengambil cuplikan gambar video milik orang lain. Walau hanya sepersekian detik saja, itu bukan hasil rekaman para reuploader. Potongan konten video yang diambil tanpa sepengetahuan atau seizin pemilik aslinya, akan dianggap plagiat.

Makanya kita harus lebih hati-hati dalam membuat konten, baik proses perekaman dan editing. Karena tidak hanya merugikan secara hak cipta tapi juga bisa berdampak buruk terhadap reputasi channel. YouTube bisa saja menutup akunmu kapan pun ketika ada pihak resmi mengklaim dan kirim dokumemtasi resmi.

Segeralah Cara Cek Apakah Video YouTube Terkena Copyright. Karena Eksistensi dan keberadaan channel kamu di YouTube akan makin rawan kalau ketahuan plagiat, meskipun sebenarnya kamu tidak sengaja, dan nggak ada niat menjiplak karya pihak lain tapi tahu sendiri kan pedasnya komentar netizen budiman.