--> Skip to main content

Berapa Gaji General Manager GM AKB48 Group (Soukantoku)

Berapa Gaji General Manager GM AKB48 Group (Soukantoku)

Pernahkah para sobat Wota bertanya-tanya mengenai berapa gaji general manager AKB48 Group GM? Apakah setinggi para direktur perusahaan yang mengelola bawahannya atau setara dengan para member biasa lainnya itu semua akan segera terjawab di artikel edisi kali ini. Tapi sebelumnya jangan lupa share ke teman kalian agar supaya.

Bicara soal bayaran, penghasilan, gaji, honor atau apalah itu memang sudah masuk ranah privasi ya tapi sebenarnya sah-sah saja sih diungkap ke publik walau cuma estimasi. Toh, banyak media dan lembaga atau majalah yang mengungkapkan total pendapatan para politikus, pengusaha, artis, pejabat, selebgram dan lainnya. Nah, giliran tim Kibezaka membongkar bayaran GM AKB48 Group alias Soukantoku.

Berapa Gaji General Manager GM AKB48 Group

Tugas sebagai General Manager itu analogi sederhananya mirip dengan manajer perusahaan atau setaranya. Dia bukan CEO, tapi perannya juga boleh dibilang sangat penting untuk menjalankan proyek serta memantau kemajuan grup. Saat ini total ada enam grup 48 Family itu khusus di Jepang saja, setiap grupnya memiliki puluhan hingga ratusan member aktif jika dihitung dengan anggota Draft & Kenkyuusei.

Bayangkan seorang soukantoku harus memantau ratusan member, rutin melakukan pengecekan progres tiap grupnya. Itu baru di Jepang, belum lagi sister group luar negeri seperti JKT48, MNL48, BNK48, CGM48, SGO48, DEL48, MUB48, AKB48 Team TP, AKB48 Team SH. Semua juga tak boleh luput dari pandangan sang General Manager.

Lalu ngapain saja dia? GM terkadang memberikan laporan kinerja tiap member 48 Group di Jepang kepada atasannya, dalam hal ini manajemen AKS yang menaungi mayoritas grup dan member keluarga kelompok idola AKB48. Itulah alasan kenapa seorang member mendapatkan perlakuan istimewa, seperti konser solo, rilis photobook dan lain sebagainya berkat kerja & prestasi mereka yang diaudit oleh GM.

Jadi jangan dikira menjadi GM itu mudah. Mungkin sedikit lebih gampang jika General Manager pada satu grup, contohnya Melody cuma mengurus JKT48 saja. Atau Izuta Rina di CGM Chiang Mai, dan Jobsan di BNK Bangkok.

Gaji Soukantoku AKB48 Group mungkin setinggi para manajer perusahaan besar. Eits.. tapi tunggu dulu. Bisa saja penghasilan General Manager lebih besar jika GM adalah juga seorang member yang masih aktif atau belum keluar dari grup entah lulus (Graduate) atau mengundurkan diri (Resign).

Sumber pendapatan General Manager AKB48 bisa meningkat melalui pekerjaan sampingan (Side Job), seperti foto gravure buat majalah, jadi MC / Host acara varietas televisi swasta, ditunjuk sebagai duta & brand ambassador suatu produk, hingga membintangi iklan (TVCM) dan Dorama (Drama Japan) juga.

Wajar dan jangan heran jika kamu para wota yang selama ini memiliki rasa penasaran Berapa Gaji General Manager GM AKB48 Group itu terkejut dengan nominal uang yang diraup oleh para Soukantoku. Seorang Sashihara Rino saja yang bukan GM mendapatkan total penghasilan net worth 2 miliar rupiah per bulan pada 2017 silam.