Skip to main content

Tentang GSM Arena dan Kontroversinya Dengan Infinix

Situs review ponsel terpopuler sejak awal medio 2000 yakni GSM Arena kini sudah jadi sumber referensi utama bagi mereka yang ingin membeli smartphone baru.

Kantor GSMArena building office headquarter Gedung
GSM Arena Office Headquarter

Selain tempat review, fitur terbaik mereka juga ada yang berupa spesifikasi HP jadul, terkini, atau yang akan datang, detailnya pun lengkap mulai dari jadwal rilis, foto desain smartphone hingga hands-on.

Di situs Gsmarena sebagai pengguna kita berhak mengomentari ponsel apapun apabila telah mendaftar. Nah disini kami akan bagikan bagaimana cara daftar akun Gsm Arena dan berkomentar disana.

Cara Mendaftar / Membuat Akun GSMArena dan Berkomentar

Berikut tutorial cara daftar akun di situs gsmarena.com.

1. Kunjungi situs gsm arena.
2. Lihat pojok kanan atas berwarna abu-abu, ada tombol untuk login / masuk, klik!
3. Karena disini kita akan daftar, klik register / sign up.
4. Disediakan untuk mendaftar lewat akun Facebook atau Google Plus. Silakan pilih sesuai selera.
5. Setelah di klik tombol salah satu medsos tadi, login dan izinkan autentikasi untuk membuat akun.
6. Anda akan dialihkan kembali ke laman Gsmarena, sekarang ketik nickname kesukaan Anda.
7. Klik simpan / save dan Lanjutkan!

Kini Anda dapat berkomentar di spesifikasi HP, review ponsel maupun Hands-on smartphone apapun jenisnya.

Keunggulan dari situs GSMArena adalah kita jadi tahu detail tentang perkembangan teknologi dari sejumlah spesifikasi HP mewah.

Oh iya sebagai tambahan, situs mereka juga tersedia fitur berita alias update news. Jadi real time tech news pun kita dapatkan. Ya meskipun jarang beli atau nggak membeli setidaknya jadi tahu apa saja perkembangan teknologi yang makin canggih.

Kolom komentar juga bisa dijadikan tempat diskusi. Tapi yang harus dicatat, kita berkomentar wajib menaati peraturan yang ada seperti wajib menggunakan English (bahasa Inggris) dan sopan tanpa ada menyinggung dan provokasi.

Sistem moderasi komentar yang canggih di situs gsmarena apabila ada pengguna yang melanggar maka akunnya akan dihapus langsung.

Backlink dari GSMArena

Banyak blogger yang menginginkan untuk mendapat backlink dari website gsm arena sebenarnya tidak bisa atau hampir mustahil, kecuali situs atau blog Anda bermanfaat dan memberikan informasi yang akurat bagi pihak GSMarena maka mereka tak segan mencantumkan sumber tautan langsung ke blog milik Anda.

Kontroversi GSM Arena Dengan Infinix

Anda bisa menemukan berbagai macam merk ponsel di situs gsmarena entah itu spesifikasi HP Samsung, Apple, Asus, Xiaomi, Oppo, Vivo, HTC, LG, Sony, Gionee, Doogee, Lenovo, Motorola Moto, Nokia, Polytron, Google Pixel, Wiko Mobile hingga Ulefone ada.

Tapi Anda tidak akan menemukan spesifikasi smartphone apapun dari merk lokal seperti Advan, Mito, Evercoss dan Andromax, itu wajar.

Bagaimana dengan brand Infinix? Padahal itu merk perusahaan asal Taiwan seperti Asus dan Acer. Lebih populer daripada Gionee ataupun Ulefone yang sudah ada di database spesifikasi GSMArena.

Dan kemudian muncul berbagai spekulasi..

..banyak yang mengatakan pihak gsmarena pernah berselisih dengan Infinix, namun tidak jelas apa permasalahannya, biarkan itu jadi rahasia mereka.

Menariknya dalam halaman kontak website Gsmarena mereka menuliskan seperti ini.

Lihat gambar screenshot diatas ada tulisan "You have info about a phone which we don't have in our database."

Yang artinya kita bisa kasih tau, Jika Anda punya informasi tentang ponsel yang tidak ada di database GSM Arena.

Saya minggu lalu mencoba hubungi GSM Arena soal kenapa tidak ada satu pun smartphone Infinix dalam database mereka.

Sampai saat ini belum ada jawaban. Jelas, mungkin karena pertanyaan saya kurang penting atau mereka sebenarnya tau dan tidak mau menjawab.

Ternyata bukan cuma saya, beberapa reviewer ponsel pernah bertanya, dan sama.. Nggak dijawab.