Skip to main content

Berapa Gaji Caster Clara Mongstar? Pasta Ungkap Bayaran

Semakin populernya industri e-Sports menambah lapangan pekerjaan baru. Tidak terkecuali dengan profesi pembawa acara sekaligus komentator jalannya pertandingan atau biasa disebut dengan istilah Caster.

Berapa Gaji Caster Clara Mongstar? Pasta Ungkap Bayaran
Clara Mongstar (@claraksu)

Caster gaming terkenal di Indonesia sendiri sudah lumayan banyak jumlahnya dan terus bertambah. Paling populer sebut saja Wolfy Florian George, Clara Mongstar, Melondotco, Kornet, Bro Pasta, KB GGWP, Gerry dan lainnya.

Memang berapa sih bayaran caster game? Apakah dibayar sistem gaji per bulan? Lalu bagaimana metode pembayarannya? Apa sumber penghasilan caster hanya tergantung pada turnamen?

Clara Mongstar menurut situs Grid.id menjadi caster Indonesia dengan honor tertinggi kelima. Kabarnya dia mendapatkan bayaran 2,7 juta rupiah per hari untuk turnamen M1 Piala Dunia Mobile Legends di Malaysia kemarin.

Begini guys.. Jadi caster memang profesi. Kayaknya gampang gitu ya tinggal komentarin yang ada di layar. Tapi faktanya nggak mudah, sebagai caster kamu harus punya data akurat, sesuai fakta untuk mengomentari meski hanya sekadar gimmick.

Selain itu, kamu juga harus menguasai betul segala macam istilah, teknik, sistem permainan sebuah game. Contoh Mobile Legends dan PUBG adalah dua game genre berbeda, para caster harus memahami seluk-beluk kedua permainan ini.

Biasanya para Caster akan muncul di YouTube Gaming berdasarkan channel tertentu, pada beberapa turnamen juga disiarkan oleh platform stasiun televisi khusus game Nimo TV atau Live Streaming di Facebook Gaming juga.

Upah dan bayaran caster game berbeda. Tergantung tingkat popularitas, level, dan turnamennya. Misalnya Pro Caster, meskipun statusnya profesional kalau turnamennya sekadar tingkat regional atau lebih rendah maka gaji yang diterima tidak sebesar turnamen kelas dunia.

Di PUBGM ada kompetisi bernama PUBG Mobile Campus Championship (PMCC), PUBG Mobile Club Open (PMCO), dan PUBG Mobile Pro League (PMPL baru mulai 2020). Untuk sekadar turnamen kampus, mungkin penghasilan caster tidak setinggi level dunia kayak PMPL / PMCO.

Begitu juga Mobile Legends Pro League Indonesia MPL, pastinya beda sama Mobile Legends World Championship. Tapi biasanya, caster dibayar harian rerata Rp2 Juta sampai 3 juta rupiah.

Itu gaji sehari. Silakan kalkulasi kalau turnamennya digelar selama satu bulan penuh, bahkan ada yang sampai 3 bulan meski tidak setiap hari. Mantap kan guys. Ada yang mau jadi caster? Cara termudahnya tinggal belajar dari caster yang ada saat ini, jadi kita tidak hanya sekadar nonton saja. Tapi memahami pembawaannya, gimana agar tidak kaku di depan kamera.

Biasanya caster yang belum punya nama besar, akan diundang menjadi Co-Caster. Ya mirip Co-Host gitulah buat menemani caster utama, tapi mereka juga dibayar kok. Meski tidak sebesar bayaran sang Caster.