Skip to main content

Benjamin Geskin dan Profil Para Leakers Smartphone

bengeskin_5

Berkembang pesatnya teknologi khususnya Smartphone di era milenial menjadi daya tarik tersendiri bagi para Leakers, atau disebut juga tukang bocorin rumor.

Leakers ini berasal dari berbagai negara. Yang paling populer sejak medio awal Android didirikan adalah Evleaks alias Evan Blass, leaker asal Amerika Serikat.

"Membocorkan desain Smartphone bukanlah pekerjaan bagi saya, hanya hobi dan keisengan belaka." ujar Evan saat menjawab pertanyaan pengikutnya di Twitter.

Pada dasarnya mereka tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun. Tapi ada juga yang bekerja untuk perusahaan atau media ikut membocorkan spesifikasi maupun desain.

Contohnya adalah The Verge, situs berita teknologi terbesar di Amerika ini kerap mencuri start setiap kali perusahaan elektronik baik HP, Laptop, dan gadget lainnya akan merilis produk baru.

Channel YouTube-nya selalu dinantikan para subscribers, bagaimana kru The Verge menghadiri sebuah acara perilisan, ajang pameran gadget dan lain-lain.

Banyak juga dari leakers yang independent alias tidak terikat kontrak dengan media manapun, salah satunya adalah Benjamin Geskin atau yang watermarknya populer disebut VenyaGeskin.

Geskin tampil beda dari yang lain, ia pun seringkali membuat render design Smartphone flagship berdasarkan rumor yang beredar, dan tak jarang desainnya itu menjadi kenyataan seperti yang dilakukannya menjelang perilisan Samsung Galaxy S8 dan S8+ beberapa bulan lalu.